Header Ads

Gambar1

Hebatnya UMK-ku, Dahsyatnya Mahasiswaku

Baca Juga


Sebuah universitas tentu harus memiliki kompetensi. Seperti halnya universitas kita yang tercinta ini. Hampir semua masyarakat khususnya di Kabupaten Kudus mengenal nama Universitas Muria Kudus. Satu-satunya Universitas swasta yang menyediakan fasilitas dengan 6 fakultas dan 16 program study ini memiliki visi untuk menghasilkan lulusan unggul, berbudi luhur, berkepribadian luhur, berilmu, berteknologi dan seni. Hal itu didukung dengan sumber daya manusia yang semakin meningkat dari tahun ke tahun dengan jumlah lulusan yang signifikan dan mempunyai kualitas lulusan yang siap kerja.
Sama halnya dengan Universitas lain, UMK juga memberikan tes seleksi masuk untuk penerimaan calon mahasiswa baru, dalam arti bahwa mahasiswa yang nantinya diterima di UMK bukan sembarang mahasiswa, melainkan mahasiswa yang benar-benar berkompetensi dan mampu bersaing dalam meraih ilmu. Dari tahun ke tahun pun selalu terjadi peningkatan indeks prestasi di kalangan mahasiswa. Di berbagai fakultas juga sering dijumpai mahasiswa yang  mendapatkan IPK lebih dari 3,00. Apalagi kini di beberapa fakultas telah menerapkan sistem pembelajaran dengan menggunakan sistem kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang menuntut mahasiswa memiliki IPK 3,00 untuk batas minimal. Dalam hal tersebut tentu mahasiswa juga dituntut memiliki kematangan materi perkuliahan sehingga nantinya diharapkan para mahasiswa dapat menguasai materi dan mendapat bekal lebih ketika lulus dari UMK.
  Dalam realitasnya, tak jarang para dosen dan mahasiswa juga terlihat saling akrab dalam jam perkuliahan maupun di luar jam perkuliahan. Kondisi demikian terlihat bukan karena dosen menganggap dirinya adalah pimpinan mahasiswa, dan mahasiswa harus tunduk pada dosen, namun dosen dan mahasiswa beranggapan bahwa keduanya adalah 'partner' untuk itu keduanya sering bertukar informasi mengenai materi di dalam perkuliahan. Mahasiswa pun juga tak merasa canggung jika hendak bertanya ketika materi di dalam perkuliahan belum dimengerti. Dengan demikian, tidak diragukan lagi bahwa sumber daya manusia di UMK memiliki kualitas yang unggul di berbagai bidangnya.
Mega Ayu K
Fakultas Psikologi
Powered by Blogger.