Pergeseran Fungsi Laptop Dikalangan Mahasiswa

Baca Juga

Saat ini, kemajuan teknologi dan informasi sangat begitu pesat. Kejadian yang ada di belahan dunia manapun bisa kita ketahui hanya dengan hitungan detik. Kejadian gempa yang di sertai Tsunami di Jepang bisa kita lihat  hanya hitungan detik dalam waktu yang sama. Apalagi dengan adanya laptop dan internet. Informasi bisa kita dapatkan dimanapun. Saat ini komputer jinjing inibegitu marak di pasaran. Hal ini tentunya sangat memudahkan bagi pengguna untuk beraktifitas sehari-hari.
 Kegunaannya yang fleksibel tidak tergantung pada tempat, membuat kita bebas berkreasi dan beraktifitas dalam menyelesaikan berbagai macam tugas. Seperti tugas - tugas kuliah ataupun kegiatan yang lainnya. Hampir semua instansidiuntungkan dengan adanya laptop dalam membantu menyelesaikan tugas. Betapa tidak, berbagai macam program telah tersedia dan bisa dikatakan multi fungsi dalam menunjang perkuliahan sampai untuk hiburan.
Selain itu, harga yang terjangkau oleh kantong mahasiswa membuat semakin gampang untuk memilikinya. Bagi kalangan mahasiswa, laptop tidak menjadi barang yang mewah lagi, tapi barang yang biasa saja. Hampir setiap mahasiswa mempunyai komputer jinjing ini. Namun, penggunaan laptop pada kenyataannya bagi mahasiswa tidak serta merta membawa kegunaan dalam menunjang proses kuliah menjadi lebih baik. Bagaikan pedang bermata dua, bisa membawa kebaikan kadang malah bisamenimbulkan hambatan dalam perkuliahan.
Kenyataannya, banyak hal yang jauh dari tujuan semula dalam menunjang perkuliahan. Mahasiswa dengan segala macam tugas dan aktivitas kuliah yang cukup padat selayaknya mempunyai tanggung jawab untuk menyelesaikan semua itu dengan baik. Buat apa  kuliah jika hanya enak-enakan saja dan tidak memperoleh hasil yang maksimal .
Dalam hal ini, penulis mencoba mengadakan observasi kecil-kecilan dari perilaku beberapa mahasiswa dalam menggunakan fasilitas laptop yang mereka punya. Saya pun menganalisis perilaku mereka dalam beberapa kali observasi. Dari penelitian itu bisa saya simpulkan, ternyata kebanyakan dari mahasiswa menggunakan laptop lebih banyak pada segi hiburan. Misalkan game, jejaring sosial (facebook), nonton film.
Sedangkan tugas inti dari perkuliahan malah sering terabaikan. Dalam segi penggunaan laptop untuk hal-hal tersebut yang notabene merupakan kegunaan sekunder bagi mahasiswa mereka menggunakan dalam waktu yang cukup lama berjam-jam. Mereka betah berkutat pada hiburan semata. Yang dari pertanyaan besar, bagaimana dengan tugas-tugas kuliah? Yang sebenarnyamerupakan tugas esensi malah terabaikan dan tak terurus. Waktu yang seharusnya efektif dan sarana yang mendukung untuk menyelesaikan tugas kuliah terbuang sia-sia hanya karena salah dalam memaknai penggunaan fasilitas laptop.
Ironisnya dengan mempunyai laptop malah kadang terlambat dalam mengerjakan tugas-tugas yang ada di kampus. Atau malah membuat malas belajar. Saya melihat beberapa subjek dalam proses pengerjaan tugas kampus sering menggunakan cara instan, semisal melakukan plagiasi atau yang lebih parah lagi adalah dengan cara memesan dengan orang lain untuk dibuatkan tugas.
 Ini sebuah ironi dan menjadi pertanyaan besar bagi mahasiswa yang menyandang predikat insan akademis. Mengapa mereka melakukan itu?  Pertama karena waktu yang mereka miliki sibuk untuk mengurus hal-hal berbau sekunder yang notabene hanya hiburan. Tenaga dan pikiran mereka terkuras hanya untuk hal yang sebenarnya bukan tujuan pokok niatan mereka kuliah.
Kedua rendahnya tingkat kesadaran mereka dalam berprestasi dan berkompetisi dengan teman-temannya di kampus. Sehingga tidak ada greget untuk menjadi yang terbaik. Mereka mempunyai labtop hanya dimaknai sebagai trend dikalangan mahasiswa. Kalau tidak punya ketinggalan zaman.
Gambaran diatas merupakan sampel dari sisi lain mahasiswa dalam pemanfatan fasilitas laptop yang kurang pas. Mereka salah dalam memaknai dalam penggunaan laptop. Sehingga yang terjadi malah terbengkalainya tugas-tugas utama yang sebenarnya harus diselesaikan. Sangat disayangkan jika laptop yang mempunyai kegunaan multi fungsi hanya digunakan untuk hal-hal hiburan. Padahal kita tahu kegunaan yang luar biasa besar dapat di peroleh mahasiswa.
Sebenarnya jika mahasiswa memang mempunyai niat untuk kuliah seyogyanya mempergunakan waktu untuk hal-hal yang positif. Jangan menyia-nyiakan waktu untuk hal-hal yang kurang penting. Karena satu hal yang harus diingat, bahwa orang tua yang membiayai kita pasti mengharapkan hasil kuliah yang maksimal dan selesai dengan cepat.
Sebelum semuanya terlambat, marilah kita sebagai mahasiswa menyadari akan fungsi sesungguhnya laptop. Dengan tujuan bisa menunjang kegiatan perkuliahan yang saat ini menjadi tugas utama kita. Sehingga keberadaan laptop bisa menunjang prestasi akademis dan mempermudah mengerjakan tugas-tugas kuliah. Bukan malah hanya sebatas trend dan  mencari hiburan saja.

Pengirim:
SELAMET RIYADI
Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus
Koordinator HUMAS Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia Jateng 2010-2011

Pena Kampus
Powered by Blogger.