Membekali kepada Pengajar

Baca Juga



Semenjak bergulirnya kurikulum tematik 2013 menjadi kegelisahan bagi pengajar di kalangan sekolah menengah pertama (SMP) sederajat dan sekolah menengah atas (SMA) sederajat terlebih bagi sekolah dasar (SD) karena dengan asumsi tidak masuk daftar dalam kurikulum melainkan sebagai mata pelajaran tambahan atau muatan lokal saja. Sehingga akan berdampak pada pembatasan ruang mengajar bagi guru.
Oleh karena itu Progdi Bahasa Inggris menyelenggarakan Workshop on English Young Learners yang bertemakan “Communicative Learning for better English Acquisition” (Rabu, 05 Febuari 2014) bertujuan membekali kepada pengajar bahwa pengajaran bahasa Inggris  for young learners sangat penting untuk memperkenalkan bahasa asing. Sebenarnya dengan adanya momentum kurikulum tematik 2013 tidak mengurangi porsi pengajar dalam mengajar, walaupun pelajaran tidak masuk kurikulum akan tetapi seorang pengajar harus membuktikan dengan pengajaran yang sukses dan menyenangkan.
Rusiana M. Pd selaku penyelenggara acara workshop mengatakan bahwa “Di samping seorang pengajar tidak terlalu memberikan teori melainkan untuk langsung mempratikkan dalam ruang kelas tertentu tanpa murid terbebani dengan tes yang di berikan.” Dengan anggapan bahwa seorang pelajar harus menciptakan kelas yang tidak membosankan, mulai dari penggunaan media, teknik mengajar  maupun cara pengajarnya. Di lain itu acara ini di harapkan untuk membangkitkan gairah kepada pengajar dalam menghadapi kondisi semacam ini. Tuturnya.
Hal di atas di perkuat dengan T. Ikawati M. Pd sebagai narasumber Practioner  dari Malang juga memaparkan mengenai dampak dari kurikulum sekan pengajar bahasa inggris tersisihkan. Tanpa berkecil hati bahwa pengajaran bahasa inggris untuk pemula sangat di perlukan, dengan beranggapan bahwa untuk pembekalan anak usia dini sekaligus pengenalan tentang bahasa asing.  
Di ruangan aula masjid Darul Ilmi Universitas Muria Kudus (UMK)di harapkan memberikan kesan tersendiri bagi peserta yang hadir. Acara yang di mulai jam 08.30-12.00 hanya pemberian teori saja, di lanjut dengan praktik mengajar setelah jam 01.00-04.00 dengan di damping oleh T.Ikawati M. Pd.
Powered by Blogger.