Multi Variable Cukup Canggih

Baca Juga

Metode penelitian bisnis dan manajemen munggunakan multi variable (model multivariate) cukup canggih. Di antara metode penelitian ini, ada yang menggunakan metode structural equation models (SEMs).
Untuk pemahaman metode tersebut, Program Studi (progdi) Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus (MM FE UMK) menggelar kuliah umum pada Sabtu (2/2) lalu di Gedung Hijau ruang G. Ketua panitia, Joko Utomo menuturkan, kegiatan rutin yang diadakan setiap semester ini, bertujuan untuk penyegaran dan sharing terhadap perkembangan metodologi penelitian bisnis dan manajemen bagi dosen dan mahasiswa FE, khususnya mahasiswa Progdi MM FE UMK dalam penyusunan tesis.
Narasumber yang hadir Agusty Tae Ferdinand mengatakan, keunggulan model multivariate dalam penelitian dapat menganalisis secara simultan, berjenjang, dan user friendly pada aplikasianya. “Selain itu, model multivariate saat ini lumayan canggih dan banyak digunakan dalam penelitian di sejumlah universitas. Sehingga SEMs juga banyak digunakan,” terangnya.
Kuliah umum yang mengangkat tema Aplikasi Structural Equation Models (SEMs) pada Penelitian Bisnis dan Manajemen ini, turut dihadiri dosen S2 MM, S1 Manajemen, S1 Akutansi. Sementara untuk mahasiswa Progdi MM, memang diwajibkan hadir, karena untuk persiapan dalam penulisan tesis.
Joko menilai, respon mahasisiwa MM dan dosen sangat bagus. Untuk itu, rencananya kuliah umum selanjutnya akan menghadirkan narasumber dari akademisi luar negeri. (Mustabsyiroh)
Powered by Blogger.