Header Ads

Gambar1

Tidak Sekadar Bernyanyi

Baca Juga



PEKA – SMA 1 kudus keluar sebagai juara dalam pagelaran lomba vokal grup se-Kudus yang diselenggarakan oleh UKM Ning Nong yang bertempat di Auditorium UMK, kemarin.
Perlombaan ini diperuntukkan untuk SMA se-Kudus yang diikuti oleh tujuh peserta yang mendaftar yakni , SMA 1 Bae, SMA 2 Bae, SMA Jekulo, SMA Muhammadiyah dan SMA Masehi dan SMA 1 Kudus.
Arul Oktavian, ketua panitia mengatakan dengan adanya lomba ini mampu menampung kreatifitas anak muda, dalam menunjukkan ajang dalam bervokal.
Setiap group vokal harus menyanyikan dua lagu yang sudah ditentukan oleh panitia. Dua lagu itu Merah Putih yang bersifat Nasionalis dan lagu jawa, Cublak-cublak Suweng.
”Setiap peserta vocal group diberi kebebasan untuk membuat arasemen
lagu dengan tidak mengubah melodi aslinya.Apabila dapat dikembangkan oleh yang bervariasi, melodi asli harus tetap ditampilkan,” katanya.
Penilaian dalam perlombaan mencakup tiga hal. Antara lainVokal (Materi Suara dan Intonasi),Teknik (Harmonisasi Nada dan Aransemen Lagu), dan Penampilan (Kekompakan, Kostum, Penyesuaian Gerak terhadap, Penghayatan.
Hendy Hendro, selaku wakil rektor tiga UMKmengatakan vokal grup ini tidak mudah, butuh usaha keras karena dalam satu grup harus memadukan suara dengan intonasi yang padu, dalam menghasilkan bunyi merdu ditelinga.Ketangkasan dalam bernyanyi tidak mudah dilakukan tanpa kerja keras dan latihan yang rutin, Kemampuan vokal grup butuh adanya Keselarasan suara.
Senada diungkapkan oleh Ratna Yuliana Wijayanti, sebagai pembina Ning Nong, dalam tingkat group vokal butuh kerja antar peserta dalam groupnya, bukan hanya menyanyi saja.Penampilan SMA 1 Kudus memang patut menjadi juara karena menampilkan padua suara yang sangat bagus.














Powered by Blogger.