Header Ads

Gambar1

Kegiatan dibulan Ramadhan

Baca Juga



Bpk Zaenal Hasan, seorang dosen pendidikan agama di FKIP bertutur, kegiatan dibulan Ramadhan bisa  dilakukan dengan  mengikuti pengajian,  banyak melakukan amal saleh, sadaqah, memperkuat ibadah-ibadah sunah,  ada pula dengan memanfaatkan waktu iktikaf dan adanya salat berjamaah, buka bersama, tadarusan dan kuliah lima menit bagi para dosen dan mahasiswa sangat bermanfaat. Harapannya bagi para kaum muslimin dan muslimat khususnya di Universitas Muria Kudus  bisa lebih meningkatkan iman, taqwa serta memahami isi yang terkandung dalam alquran dan mampu mengamalkannya bagi kehidupan sehari-hari.
Hampir sama dengan Bapak Suparnyo selaku wakil Rektor 1 di Universitas Muria Kudus.  Menurut beliau kegiatan yang cocok dilakukan dibulan suci Ramadhan yaitu dengan menggunakan waktunya untuk lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta yaitu Allah SWT . Selama bulan suci Ramadhan beliau menjalankan rutinitas seperti biasa yaitu bekerja, menjalanjakan tugas-tugasnya seperti biasanya Untuk jam ngantor, saat puasa beliau ngantor mulai dari pukul 08.00 WIB-17.00 WIB tapi saat bulan Ramadhan mulai pukul 08.00 WIB-16.00 WIB satu jam lebih awal pulangnya, beliau juga bertanggung jawab di organisasi sebagai salah satu pengurus koperasi di Universitas Muria Kudus dan pada tanggal 11 Juli 2014 nanti beliau mendapat giliran untuk mengisi kultum setelah sholat dzuhur di masjid UMK.
Untuk kegiatan mahasiswa dibulan suci ramadha masih fokus Untuk mengejar prestasi akademiknya. Pada awal puasa masih menjalani proses ujian akir semester genap Tahun ajaran 2013/2014 dan segera berakhir pada minggu ini. Sedangkan untuk kegiatan bulan Ramadhan diluar prestasi akademik Universitas bekerjasama dengan UKM formi untuk mengadakan rutinitas  kultum setelah sholat jamaah dzuhur dan shoat jamaah trawih. Pelaksanaan tadharus yang dilaksanakan setelah  solat trawih akan berlangsung sampai H-2 lebaran di masjid UMK. Jadwalnya untuk Imam, pengisi kultum dan pemimpin tadarus sudah dijadwalkan yaitu bergiliran. Jamaah sholat di masjid UMK pada bulan ramadhan ini semakin meningkat Beliau berharap budaya sholat berjamaah bisa berjalan terus tidak hanya saat bulan Suci Ramadhan tapi setelah bulan suci ramadhan ini masih tetap berjalan dan makin meningkat untuk niat sholat berjamaahnya di masjid UMK tercinta.
Untuk kegiatan kampus yang lain akan diselenggarakannya Nuzullul Qur’an yang baru dirapatkan hari Jumat tanggal 4 Juli 2014 pukul 09.00 WB di ruang VIP. Dalam rapat akan dihadiri bapak ibu Dosen dan pengurus takmir masjid, pengurus FORMI dan pihak Universitas. Dalam acara tersebut akan diadakan pengajian dalam rangka memperingati nuzullul Qur’an yang akan mengundang kyai dari luar kampus yaitu mahasiswa S3 Turki menantu dari kyai Albab. Dari pihak yayasan sendiri akan mengadakan buka puasa bersama anak yatim dan memberi santunan anak Yatim yang dianggap oleh yayasan sebagai tanggung jawab sosial kepada masyarakat atau disebutnya USR (Univercity Sosial Responsibility) yang biasanya dilaksanakan setiap tahunnya tetapi belum mengetahui kapan waktu pelaksanaannya dan akan segera dirapatkan.

Reporter : Ulin, Fanda, Riski 
Powered by Blogger.