Header Ads

Gambar1

Ajak Kaula Muda Bertani

Baca Juga

 
FAKTA- Badan Eksekutif Pertanian  Universitas Muria Kudus (UMK) mengelar aksi tearitikal dalam perigatan hari Tani ke-54 yang berlangsung hari ini (24/09).
Panitia acara tearitikal ini, Anif Faris  Asrofi mengatakan, selama ini pertanian kurang mendapatkan perhatian khusus dari sektor pemerintah, padahal sebagaian besar mengandalkan kehidupan dari lahan pertanian yang digarap oleh petani, baik jenis padi maupun palawija.
“Adanya peringatan ini tidak hanya sekedar ceremonial saja, namun mampu mengaplikasikan lahan pertanian dengan maksimal, tapi bagi kalangan muda pertanian menjadi hal yang diremehkan dan terkesan cuek,” ujarnya.
Dia menjelaskan, sejauh ini potensi pertanian terlebih di Kudus sangat bagus, namun anak muda tidak tertarik mengembangkan sektor pertanian dengan menggunakan sistem modern. Dengan begitu akan menghasilkan hasil yang baik. Kehadiran anak muda dalam sektor pertanian akan menumbuhkan semangat yang luas dalam memberikan motivasi kepada anak muda lainnya.
Sejauh ini petani menjadi “Kalah-kalahan” seperti yang sering terjadi, ketika petani menjual hasil pertanian dengan harga yang murah. Namun ketika petani membeli bahan baku untuk pertanian pasti dengan harga yang tinggi. Hal tersebut akan membebani petani yang mengarap lahan pertanian. Ditambahkan, pemerintah harus mengetahui kestabilan harga dipasaran, supaya para petani tidak merasa dirugikan dengan lonjakan harga. (Bowo/Erma/Wahyu)

Powered by Blogger.