Header Ads

Gambar1

Sudahkah UMK ”Cerdas dan Santun” ?

Baca Juga

To : Bapak Rektor yang Ganteng dan Bijak

Universitas Muria Kudus (UMK) merupakan universitas swasta di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Indonesia.
Sama seperti halnya universitas-universitas lain di Indonesia, UMK juga mempunyai slogan yang menjadi ‘bara’ semangat bagi civitas academica. Slogan tersebut adalah ”Cerdas dan Santun”. Yah, slogan tersebut pastinya sudah tidak asing.
Menurut kamus bahasa Indonesia Cerdas mempunyai makna “sempurna perkembangan akal budinya (untuk berfikir, mengrti, dsb)”, Sedangkan Santun berarti ”halus dan baik (budi bahasanya, tingkah lakunya), sabar dan tenang serta suka menolong”.
Setelah mengetahui makna dari kata ”Cerdas dan Santun maka sangat tepat bila UMK memilh slogan tersebut agar menjadi semangat bagi kemajuan UMK. Namun apakah semua warga UMK menyadari akan makna dari slogan tersebut dan apakah mereka juga tahu tujuan dari slogan tersebut ?
Segenap Civitas Academica, Kita seharusnya menyadari maksud dan tujuan dari slogan tersebut, semua berharap bahwa slogan terebut tidak dikenal hanya sebagai tulisan ”Cerdas dan Santun” semata. Namun, makna-makna yang terkandung dalam slogan tersebut harus bisa dipahami dan diterapkan dikehidupan bermasyarakat. Sehingga UMK dapat benar-benar mewujudkan diri menjadi universitas yang berbudaya dan mempunyai karakter yang khas sesuai dengan slogannya ”Cerdas dan santun”.
Atau slogan hanya tinggal sebuah kata-kata.


Muhtarom
Fakultas Teknik
Powered by Blogger.