STOP PLAGIAT

Baca Juga



            Menjadi mahasiswa merupakan hal yang menyenangkan, namun adakalanya  menjadi hal yang menyeramkan, manakala harus dihadapkan dengan tugas-tugas segudang.  Di dalam kehidupan sebagai mahasiswa pastilah  kita di sibukan dengan tugas-tugas yang di berikan oleh dosen kita, baik tugas keseharian ataukah tugas akhir semester, seperti; makalah, skripsi, laporan.
          Banyak di kalangan mahasiswa di dalam menyelesaikan tugasnya dengan menempuh cara pintas dan praktis. Cara pintas seperti ini seakan-akan kini menjadi budaya bagi mahasiswa. Sehingga, hal tersebut mengakibatkan mahasiswa menjadi pemalas.
           Plagiat adalah salah satu contoh cara pintas yang sering di lakukan oleh sebagian mahahasiswa. Hal ini memberikan pengaruh terhadap pola hidup dikalangan mahasiswa. Plagiat berdampak negative terhadap kemajuan mahasiswa dan bangsa Indonesia.  Apa yang menyebabkan mahasiswa menjadi plagiarism? Bukankah mahasiswa di didik sebagai calon intelektual yang diharapkan dapat menciptakan ide dan penemuan baru yang kreative dan inovatif?.

            Banyak  yang menyebabkan mengapa  sebagian mahasiswa melakukan plagiarisme. Maka, perlu adanya pembinaan dan pengarahan untuk mengatasinya. Tindakan  yang perlu digalakkan  untuk menghilangkan kebiasan plagiat diantaranya adalah mempelajari tata cara penulisan karya ilmiah, tindakan yang tegas  terhadap para perilaku plagiat, menanamkan niali moral pada masing-masing pribadi mahasiswa, memahami tujuan diberikannya tugas. 


Redaksi Pena Kampus
Powered by Blogger.