Header Ads

Gambar1

Jejak Situs Purbakala Patiayam di Kudus

Baca Juga


    Kabupaten Kudus memang memiliki berbagai objek wisata  dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain obyek - obyek wisata yang sudah dikenal oleh banyak wisatawan pada umumnya seperti Menara Kudus, Museum kretek dan Colo, Situs Patiayam juga menarik untuk dikunjungi. Situs purbakala Patiayam merupakan daerah pegunungan yang terletak di selatan lereng gunung Muria, Dukuh Patiayam, Desa Terban Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus.
    Patiayam  yang kini berbentuk perbukitan dahulunya di tengarai merupakan hamparan laut dan selat yang dangkal , dan perubahan tersebut akibat dari letusan gunung berapi purba beribu tahun silam. Dan secara morfologi situs patiayam ini merupakan sebuah kubah (dome) dengan ketinggian puncak tertingginya (bukit Patiayam) 350 meter di atas permukaan air laut. Dan di daerah ini mengandung berbagai fosil vertebrata dan manusia purba yang terendap dalam sungai dan rawa-rawa di sekitar. Di samping itu juga terdapat fosil laut, yaitu berbagai jenis kerang serta ikan. Fosil-fosil oleh ilmuan diperkiraan telah berumur ratusan ribu tahun.
    Penelitian situs Patiayam di mulia tahun 1931 oleh Vas Es dari Belanda yang berhasil menemukan fosil vertebrata. Dan pada saat tahun 2007 para peneliti ahli arkeologi  berbondong-bondong datang ke situs patiayam dan berusaha menyingkap endapan Abu vulkanik yang sudah mengeras. Dan pada tahun yang sama di temukan 17 species hewan vertebrata yang berumur kurang lebih sekitar 800.000 tahun dan tulang belakang binatang purba.
    Dari temuan temuan fosil di patiayam ini memiliki keistimewaan tersendiri, di bandingkan fosil- fosil yang di temukan di daerah lain karena sebagian situs atau fosil yang di temukan di sini bersifat utuh. Dan sejak tanggal  22 September 2005 situs Patiayam ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah. Sebelumnya situs ini sudah lama dikenal sebagai salah satu situs manusia purba di Indonesia.
    Dan dari waktu ke waktu,  karena semakin banyak fosil purba ditemukan di situs ini, sehingga  dibangunlah museum khusus sebagai tempat penyimpanan fosil-fosil temuan. Museum Fosil Patiayam masih sangat sederhana, lokasinya di Desa Terban, Jekulo, Kudus, tepatnya berada sekitar kurang lebih 500 m dari Jalan Raya Kudus-Pati tidak jauh dari Dome Patiayam. Hingga sekarang terkumpul tidak kurang dari 1.3000 fosil purba berusia antara 700.000 sampai dengan 1 juta tahun. Hal ini di lakukan untuk  menyelamatkan dan melesarikan Situs Patiayam yang merupakan situs Prasejarah ikon masa depan.

Penulis : Deviana Rahmawati
Powered by Blogger.