Mengamati Peran Bem Universitas Di Rumah Sendiri

Baca Juga


Kebaradaan Badan Eksekutif Mahasiswa di perguruan tinggi terus menjadi sorotan. Eksistensi dan fungsi BEM pun turut dipertanyakan. Selama ini, timbul asumsi bahwa BEM di UMK atau yang biasa disebut BEM Universitas belum melaksanakan fungi perannya secara optimal.
Kurang menonjolnya BEM Universitas di UMK juga dirasakan oleh Teguh Santoso, salah satu ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Universitas Muria Kudus. “BEM Universitas merupakan organisasi yang membawahi seluruh organisasi di Universitas, yang seharusnya bisa menyampaikan aspirasi mahasiswa dan UKM, tidak hanya informasi tetapi dapat menjadi koordinator bagi organisasi maupun seluruh mahasiswa yang ada,” tutur Arif.
“BEM Universitas belum menunjukkan peran sebagai koordinator. BEM Fakultas cenderung sebagai rival antara BEM Universitas dan BEM Fakultas cenderung lebih banyak peran BEM Fakultas daripada BEM Universitas,” tambah Arif ketika diwawancarai oleh Redaksi FAKTA Pena Kampus.
Sebaliknya presiden BEM Universitas Mujib Sholeh mengatakan bahwa pihak BEM sudah melaksanakan tugas dan fungsi BEM seperti seharusnya. “BEM sebagai eksekutif atau eksekutor dalam arti BEM sebagai penyembatan bagi organisasi intra kampus dan bahkan bagi seluruh mahasiswa yang belum mengikuti organisasi intra kampus . membangun hubungan kerja sama antar civitas akademika UMK dan menambah wawasan informasi yaitu melalui media cetak atau selebaran, baik informasi beasiswa maupun kegiatan-kegiatan yang bersangkutan dengan dunia kampus.
Begitupun ketika ia ditanya soal program-program yang sudah terlaksana, “BEM membagi kegiatan program menjadi tiga bagian yaitu program kecil, menengah, dan besar. Dimana untuk program kecil sudah melaksanakan diskusi umum sebanyak tiga kali yang dilakukan pada waktu sore hari. Untuk program menengah sudah pernah mengadakan talkshow kemudian rencananya pada tanggal 26 Februari 2015, BEM akan mengadakan forum ideologi tentang keagamaan sebagai program besar mereka.” Ungkap Mujib.
   Perihal menanggapi pihak-pihak yang merasa belum puas dengan kinerja BEM selama ini, Mujib Sholeh sebagai presiden BEM menghimbau kepada seluruh pihak-pihak yang mempunyai keluhan, memerlukan bantuan BEM untuk mengungkapkan langsung kepada BEM Universitas. Sehingga nanti dapat di tindak lanjuti. Sehingga peran BEM sebagai penjembatan aspirasi seluruh organisasi intra kampus maupun mahasiswa dapat berjalan secara optimal.
Powered by Blogger.