Batik Kota Kretek yang Eksklusif

Baca Juga


peserta sedang menyelesaikan desain batiknya/twitter PMB

Pena Kampus-Dalam rangka dies natalies Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus (UMK), fakultas ini mengadakan beberapa lomba. Salah satunya lomba desain batik. Lomba akan diadakan pada tanggal 26 Maret 2015, bersamaan dengan lomba kangmas dan mbakyu fakultas psikologi 2015. Acara bertempat di auditorium UMK. Tema yang diusung yaitu “Bersinergi Semarakkan Kota Kretek bersama Psikologi”.
Salah satu peserta lomba yaitu dari murid dari SMP 1 Kudus yang diwakilkan oleh guru pembimbing yaitu Eko Widiastuti, saat ditemui pada acara Technical Meeting (TM), Sabtu (21/3), dia menuturkan alasan mendaftarkan anak didiknya mengikuti lomba tersebut yaitu guna mengasah ketrampilan anak didiknya dalam hal membatik. Selain itu juga mendorong anak didiknya mencintai batik. “Jika menang dalam lomba tersebut, ada sertifikat resmi yang diperoleh. Sehingga  akan berguna untuk jenjang selanjutnya,”ungkapnya.
Tujuan diadakan lomba desain batik yaitu ingin lebih mengenalkan Kota  Kudus, bahwasanya bukan hanya sebagai kota kretek, dan makanan khasnya saja, melainkan juga dengan batiknya. Hal ini diungkapkan oleh salah satu panitia dalam lomba tersebut, Noor Annisa Apriliyani, mahasiswi fakultas psikologi semester 6, saat dihubungi melalui sms Rabu (18/3). “Batik khas Kudus itu istilahnya kelas eksklusif. Makanya kita dari panitia mengadakan lomba batik untuk mengenalkan batik Kudus kepada masyarakat luas,”ujarnya.
 Dia juga menambahkan tujuan lain  diadakan lomba batik yaitu untuk memberikan wadah kepada teman-teman bisa berkreasi dan berinovasi dengan coretan-coretan batik yang mereka buat. Desain batik akan dilombakan adalah bebas, namun harus menyangkut tema yang diajukan oleh panitia. “Desain batik khas Kudus sendiri memiliki corak khusus, bukan hanya terdapat gambar rokok, lentog, atau jenang. Lomba desain batik ini dibuka untuk umum, namun diprioritaskan untuk mahasiswa UMK sendiri,”jelasnya.

Reporter : RW
Editor     : Uswa
Powered by Blogger.