Keterbukaan Informasi

Baca Juga

ilustrasi keterbukaan informasi, khususnya di kampus/kominfo




Dalam dunia ketiga teknologi informasi mengalami kemajuan yang signifikan. Ditandai dengan semakin mudahnya mendapatkan ataupun menyalurkan informasi dari dan/ kepada masyarakat luas. Keadaan itulah yang membuat teknologi informasi baru-baru ini bukan hanya digunakan untuk bertukar informasi, namun juga sebagai media keterbukaan pengelolaan kebijakan anggaran. Sehingga, sama halnya dengan berita, kebijakan ataupun anggaran bukan hanya bisa diketahui segelitir orang yang notabene kalangan elite saja tetapi publik juga. Itu adalah hak.
hal tersebut sesuai dengan dengan pendapat Eko Prasojo dalam bukunya yang berjudul “Demokrasi di Negeri Mimpi” yang mengatakan pemberantasan  korupsi bisa dimulai dari transparansi. Melalui transparansi menurutnya proses kebijakan  dapat dilakukan secara terbuka dan akan terkontrol oleh publik. Publik memiliki hak untuk mendapatkan Informasi. Hal tersebut sesuai dengan UU No. 14 Tahun 2008 yang mengatur tentang Keterbukaan Informasi Publik.
          Walaupun keterbukaan informasi merupakan hal yang mudah untuk diimplementasikan dengan perkembangan teknologi sekarang ini, tetapi tidak banyak pengelola kewenangan yang melakukanya. Mungkin keadaan inilah yang harus dirubah oleh pemegang kekuasaan untuk lebih jujur  dan lebih terbuka. karena hanya itulah kehendak rakyat. Semoga*
Powered by Blogger.