Header Ads

Gambar1

Mahasiswa Bisa Berlatih Jualan Diluar Kampus

Baca Juga

ilustrasi mahasiswa dilarang berjualan/kapanlagi.com



Mahasiswa yang memiliki ide kreatif dalam berwirausaha dapat menyalurkannya dengan membuat sebuah inovasi yang bisa menghasilkan keuntungan. Terlebih di Universitas Muria Kudus (UMK) telah ada Ketrampilan Wajib (KW) Kewirausahaan yang harus ditempuh oleh semua mahasiswa UMK. Ini menjadi dilema ketika Pihak Universitas tidak memiliki aturan yang jelas untuk memperbolehkan mahasiswanya berjualan di area kampus, sesuai dengan yang diutarakan Wakil Rektor II Bidang Sarana dan Prasarana, Bapak Zaenuri, beberapa waktu lalu ketika ditemui oleh tim Redaksi FAKTA.
Status quo mengenai aturan untuk berjualan di sekitar kampus bisa menjadi salah satu penghambat dalam menjadikan mahasiswa menjadi agen entrepreneur. Permasalahan tersebut mendapat respon dari berbagai pihak, salah satunya dari Dosen Fakultas Ekonomi. “Sebenarnya sah-sah saja jika mahasiswa ingin berwirausaha, namun kebersihan kampus harus diperhatikan. Nanti jika gedung baru untuk mahasiswa berwirausaha sudah selesai dibangun, mahasiswa bisa bebas berwirausaha,”tutur Ratna Yulia Wijayanti, salah satu dosen ekonomi yang ditemui di ruangannya (18/4). Dia mengatakan bahwa jika mahasiswa ingin berwirausaha, mereka harus punya komitmen dan jangan takut gagal. Karena dalam berwirausaha kuncinya adalah niat dari mahasiswa itu sendiri.
Kebanyakan dari mereka yang ingin berwirausaha yaitu karena latah. Mereka ingin seperti teman mereka yang sukses dalam berwirausaha, namun mereka tidak memiliki rencana bisnis sendiri. Salah satunya dengan mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri. Selain itu, manajemen dalam pengelolaan modal harus mereka kelola dengan baik. Tidak hanya asal ikut teman yang sukses berwirausaha.
Hal tersebut juga diungkapkan oleh Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Muria Kudus, Mujib Sholeh. Dia menuturkan tidak ada batasan untuk mahasiswa yang kreatif sehingga mahasiswa bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. “Mahasiswa yang ingin berwirausaha bisa bekerja sama dengan pihak kampus. Dengan konsekuensi mereka harus konsisten menjalankan usahanya,”ujar mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang dihubungi via telpon. Disamping itu pihak BEM juga pernah mengadakan pelatihan kewirausahaan, namun hanya sedikit tamu undangan yang datang.
Mahasiswa yang ingin berwirausaha bisa dimana saja. Di luar kampus atau di dalam, Mereka bisa mengasah ketrampilan berwirausaha mereka dengan mencari pengalaman di luar dan mencoba berwirausaha di luar. Sembari menunggu kejelasan aturan yang akan dibuat oleh pihak Universitas.

Reporter          : IDA
Editor              : Wahyu
 

Powered by Blogger.