Seni Kampus (Sekam), Hadirmu Kini

Baca Juga


LPM Pena Kampus-Lembaga Pengembangan Seni dan Budaya (LPSE) kini telah berganti nama menjadi UKM Seni Kampus (SEKAM). Hal tersebut untuk menghormati pihak Yayasan UMK dan demi kelangsungan perkembangan Seni dan Budaya dalam Kampus. Begitu tulisan yang tertera dalam profil Sekam yang saya terima dari mas Dennis Prihantoro Harsoni, ketua sekam yang baru untuk masa 2014-2015 yang terpilih 15 juli yang lalu pada Rembug Besar Tahunan.
            Sejak tahun 2000 Sekam telah memiliki tiga belas kepala suku (Kepsuk). Didik Ernawan yang menjadi kepala suku pertama. Kini Dian Puspita Sari S,Sn. adalah pembina sekam.
Nama Sekam ada sejak 23 Mei 2005 melalui rapat istimewa yang diikuti oleh seluruh anggota LPSB yang memutuskan nama LPSB digantikan dengan Seni Kampus Universitas Muria Kudus.
            Kini, Sekam memiliki beberap divisi sebagai wadah minat dan bakat bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan ilmunya dalam berorganisasi ataupun dalam mengembangkan minatnya dalam dunia non akademik. Divisi Seni Rupa, seni tari, kajian budaya, teater, musik dan sastra.
            “ Dunia Seni dan Budaya menjadi Fokus pengemangan Softskill mahasiswa yang bisa didapat di sini” kata Dennis.
            “Kami tidak menjanjikan banyak hal jika mahasiswa ikut dikegiatan ini. tapi, mahasiswa sendiri yang akan menemukan jalannya untuk berkarya. Bagi mahasiswa yang pendiam misalnya, dalam olah bicara, disini akan sering bertemu dengan senior-senior dan kawan-kawan baru yang memiliki minat yang sama. Jadi, pembicaraan seru biasanya bisa terjadi sehingga mereka akan terbiasa untuk membicarakan hal yang sama-sama mereka mengerti.” Lanjutnya.
            Mas Dennis adalah sosok laki-laki yang menempuh program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Ia sosok yang ramah, kami berjanjian melalui telepon semalam dan ia juga mau menjawab beberapa pertanyaan melalui sms.
            Ia juga menjelaskan tentang pementasan yang pernah dilakukan oleh Sekam. Sedikitnya, sebanyak 23 pentas produksi telah dilakukan. Menurut data yang ada itupun mulai tahun 2007. Tentu kemungkinan sejak 1998 waktu masih dalam bentuk LPSB atau 2005 dalam format sekam yang baru tidak menutup kemungkinan bahwa mereka telah melakukan berulang kali pementasan.

            Berikut ini adalah daftar judul pementasan Sekam sejak tahun 2007 :
o   Rona II (2007)
o   Metamorphosa Cinta (2008)
o   Karnaval Budaya Dandhangan I (2008)
o   Font Utara Eksibisi (2008)
o   Lullaby (2009)
o   Nawang Wulan Underpleasure (2009)
o   Rona III (2010)
o   Visualisasi Dandhangan II (2009)
o   Visualisasi Dandhangan III (2010)
o   Dongeng Selepas hujan (2010)
o   Dragonfly Fall (2011)
o   AM (Anggur Merah) (2011)
o   Taman Utopia (2011)
o   Kelebat (2011)
o   Mencari Cahaya (2011)
o   CUIH (2012)
o   ALAY (2012)
o   GRADASI (2012)
o   Kayu Api (2012)
o   Kesusu Cinta (2012)
o   Kolase Cinta (2012)
o   Aku yang Harus Bagaimana (2013)
o   Kesrimpet (2014)

Masih di tahun ini, di bulan lalu, teman-teman sekam baru saja membawa pulang juara satu lomba dance se-karisidenan Pati.
“Lalu, bagi mahasiswa baru yang ingin bergabung bagaimana mas caranya?” Tanya ku kepada mas Dennis.
“kita tak butuh persyaratan seperti ingin melamar kerja. Disini mahasiswa ataupun bukan mahasiswa UMK boleh mengikuti kegiatan Sekam. Tapi, bagi yang tidak mahasiswa mereka tidak menjadi anggota. Kami menyebutnya sebagai teman. Bagi mahasiswa yang telah menempuh semester 5 pun boleh untuk bergabung dengan kami asal mereka memiliki niat yang teguh untuk belajar.”
Berarti maksimal semester 5 ya.

Reporter : Wahyu Dwi Pranata
Powered by Blogger.