Urgensi Pendidikan Pranikah

Baca Juga





Baru-baru ini Unit Kegiatan Mahasiswa yang bernama Forum Mahasiswa Islam UMK telah mengadakan talksow pendidikan pranikah di aula Masjid Darul Ilmi (19/4/2015). Pernikahan merupakan sesuatu hal yang suci dan sakral. Tujuan pernikahan ialah mempersatukan antara seorang laki-laki dengan seorang perempuan melalui Ijab dan Qobul. Dan mempersatukan dua pribadi yang berbeda dalam satu rumah tangga baru yang disebut keluarga.
Ustadz Nur Hamim, Lc. P.gd lulusan Al Azhar Cairo Univrsity Mesir mengawalipembicaran mengenai pengertian, hukum, rukun, dan syarat menikah. Dimana “Rukun menikah diantaranya ialah berpasangan (laki-laki dan permpuan),ada wali, Ijab Qobul serta ada juga saksi.”
Dalam kehidupan bermasyarakat pendidikan pranikah jarang sekali kita temui karena kebanyakan masyarakat kita masih beranggapan bahwa pendidikan pranikah adalah hal yang tabu. Padahal pendidikan pranikah sangat perlu dan penting sebelum kita menjalani bahtera rumah tangga yang sesungguhnya.
Dr. Iwan Setiawan seorang Seksolog juga menyarankan para eserta untuk menciptakan rumah tangga yang nyaman di masa depan. Dengan begitu diharapkan suami maupun istri merasa betah berlama-lama di rumah. “poin terpenting dalam berumah tangga adalah kenyamanan yang suami ataupun istri ciptakan.”
Selain itu dari segi psikologis R. R Dwi Astuti, S.Psi., M. Psi. juga banyak memberi masukan yang berharga, diantaranya bagaimana mendidik anak agar nanti tidak terjerumus kedalam hal-hal yang berhubungan dengan penyimpangan perilaku seksual. “Sejak kecil anak harus mulai dikenalkan dengan pendidikan mengenai seks, salah satu contohnya mengajari anak untuk buang air besar di toilet merupakan salah satu pendidikan seks skala rendah pada anak.”
Dengan talkshow pendidikan pranikah yang bertemakan “gapai cinta-Nya temukan calonnya”diharapkan dapat menambah wawasan, iman, dan taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dalam menjalani kehidupan berumah tangga kelak. (Thata).

Reporter          : Achmad Muhtarom/FAKTA
Editor              : Wahyu Dwi Pranata
 

Powered by Blogger.