Kopma diaktifkan, peluang usaha bertambah

Baca Juga

Tahun ajaran baru 2015/2016 Universitas Muria Kudus (UMK) siap menghidupkan kembali  Koperasi Mahasiswa (KOPMA). Setalah kolaps beberapa tahun terakhir ini, akan segera diaktifkan kembali pada tahun ini. Hadirnya kopma menjadi salah satu ajang bagi mahasiswa mencari pengalaman tentang organisasi seputar koperasi. Disisi lain menjadi peluang usaha mahasiswa.
Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Rektor III, Hendy Hendro, saat ditemui (19/05).  Dia juga menambahkan  kopma sendiri merupakan sebuah organisasi yang didalamnya secara tidak langsung mengajarkan para mahasiswanya untuk berwiraswasta. Kopma sangat penting untuk mahasiswa karena kopma merupakan bagian dari sebuah Universitas. “Untuk penempatan kopma rencananya akan berada di tax center,”jelasnya.
Senada dengan Diah Ayu Susanti, dosen Ekonomi, mengungkapkan bahwa kopma penting bagi sebuah Unversitas. Karena di kopma kita belajar untuk berorganisasi tentang koperasi. Selain organisasi yang telah ada di lingkungan fakultas maupun universitas sendiri. “Koperasi Mahasiswa bisa untuk memicu minat mahasiswa untuk membuat small wiraswasta di lingkungan kampus sendiri,”tuturnya.
Namun untuk bisa berkembang menjadi sebuah koperasi yang besar tentunya Kopma di UMK harus mempunyai ciri khas sendiri agar para mahasiswa tertarik untuk membeli produk-produk yang dijual di koperasi tersebut. Karena mahasiswa sekarang lebih tertarik untuk membeli makanan yang berada di sekitar lingkungan kampus UMK. Selain itu faktor harga juga mempengaruhi minat mahasiswa untuk membeli barang yang di jual di dalam kampus UMK. Banyak mahasiswa yang berpendapat bahwa makanan yang dijual di dalam kampus UMK tegolong mahal untuk kantong mahasiswa. Untuk barang-barang yang akan dijual di koperasi nanti, barang tersebut bisa berasal dari mahasiswa sendiri yang ingin berlatih wirausaha. Selain itu, di koperasi ini juga tersedia kantin, alat tulis, fotocopy, dan juga menyediakan pulsa yang semuanya merupakan kebutuhan penting bagi mahasiswa.
Senada dengan Noor, mahasiswi BK, semester 4, menyampaikan ketertarikannya akan diaktifkan kembali kopma UMK. Adanya kopma memberikan peluang besar bagi mahasiswa untuk latihan berwirausaha dengan baik. Disisi lain koprasi melatih kita untuk belajar menabung. Sehingga banyak manfaat yang dapat kita peroleh menjadi anggota koprasi. “Di area kampus UMK  saya melihat adanya mahasiswa yang berjualan gorengan, es jus dan lain-lain. Melihat hal itu alangkah baiknya bila mahasiswa tersebut mendapatkan tempat di kopma,”katanya.
Koperasi ini diharapkan bisa membantu kebutuhan finasial para mahasiswa, mahasiswa yang mempunyai uang atau simpanan di kopma menjadi ringan. Selain itu, bagi mahasiswa dapat belajar berwirausaha dengan baik dan benar. Semoga nanti kopma benar-benar segera bisa diaktifkan. (Ayda/Ulin/Fakta)
Powered by Blogger.