Header Ads

Gambar1

Apakah Kita Termasuk Kaum Hedon?

Baca Juga

SEORANG kawan membincangkan, tentang kematian kelompok-kelompok diskusi dikalangan mahasiswa bahkan kegiatan aksi seminar dan penelitian dianggap tidak menarik. Selain itu mahasiswa sekarang tidak memiliki kesenangan, yang ada berupa ceramah tidak bermanfaat bagi mereka yang apatis. Apatis dalam arti mahasiswa ya kawan.
R. Robani
Pertanyaannya sekarang bagaimana mahasiswa memahami perannya, apabila sikap apatis dan hedon melekat dalam mahasiswa? Bahkan sekarang kita lihat banyak forum yang sepi saat berlangsung kegiatan akademik seperti seminar dan diskusi publik lainnya.
Apa itu Hedon?
‘Hedon’ merupakan kata yang terbilang ringan dan penuh pembahasaan berat setelah berbincang dengan kawan-kawan. Kita terkadang tidak mengerti kata hedon dan seharusnya membuat kita berpikir. Kita? Saya aja kali ya.
Mengapa hedon di kalangan mahasiswa begitu banyak terjadi? Apa sebabnya? Mengapa mereka melakukannya? Motif apa yang mempengaruhi mereka melakukan tindakan hedonisme?
Pertanyaan yang harus kita jawab bersama. Dan menjadi bahan diskusi kita sekarang dan nanti. Apa itu Hedon? Untuk mencari arti kata hedon ini kita klik aja www.google.com kata kunci perilaku hedon mahasiswa. Lalu di Ok.
Hedon sendiri berasal dari Bahasa Yunani yang berarti kesenangan. Sedangkan Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan.
Bisa juga hedonisme dalam kata yang kita bahas bisa merupakan pandangan bahwa kesenangan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.  Sekarang apakah kita termasuk dalam budaya tersebut? Atau tidak? Cuma kita yang bisa menilainya.
Jangan sampai budaya Hedon seperti layaknya budaya korupsi di Indonesia. Kita mulai dari kampus kita saja-lah.

*) Rohmat Robani, mahasiwa Sistem Informasi, Universitas Muria Kudus, Ketua Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kudus, juga pernah menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMAPRO) Sistem Informasi 2013-2014
Powered by Blogger.