Cara Enak Menikmati Mengkudu

Baca Juga



Indonesia merupakan negara yang terletak di daerah garis khatulistiwa. Dimana setiap tahunnya mendapatkan pancaran sinar matahari yang lebih banyak dari pada negara lain (yang tidak berada di daerah khatulistiwa). Hal tersebut mengakibatkan Negara Indonesia beriklim tropis, oleh sebab itu, beraneka ragam flora dan fauna dapat tinggal dan hidup di bumi pertiwi ini. Mungkin karena banyaknya keanekaragaman tersebut, banyak dari mereka yang belum dimanfaatkan secara optimal. Salah satunya yaitu tanaman Noni atau lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai buah mengkudu.
Buah tersebut memiliki rasa yang tidak enak, namun banyak manfaat. Salah satu manfaatnya yaitu buah mengkudu mengandung antiseptik dan antibakteria pathogen yaitu Eschericia colli, Salmonella dan Staphylococcus aureus. Hal ini dipertegas oleh penelitian Ester dari Fakultas Farmasi UGM pada tahun 1992. Berhubung buah mengkudu mengandung zat antibakteri, zat tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan dalam pembuatan permen untuk menanggulangi dampak negatif dari permen yaitu mengandung gugus gula penyebab gigi berlubang dan juga masyarakat dapat mengkonsumsi buah mengkudu lebih enak dan masih tetap terjaga manfaatnya.
Jika, kedua produk tersebut dapat dikombinasikan dengan takaran yang sesuai, dapat menjadi suatu produk yang lebih bermanfaat dan bernilai tinggi. Mendapat inovasi terbaru mengenai produk olahan mengkudu yang banyak manfaat dan juga dapat mengkonsumsi permen tanpa khawatir gigi berlubang.


By : Dewi Lestari, Manajemen 
Powered by Blogger.