Header Ads

Gambar1

Kenapa Mahasiswa harus Bangga dengan UMK ?

Baca Juga



Universitas Muria Kudus (UMK) merupakan salah satu universitas yang ada di kota Kretek ini. UMK sendiri mempunyai ciri sebagai universitas berkebudayaan. Yang menjadikan para mahasiswa UMK ini menjadi mahasiswa yang cerdas dan santun. “Gusjigang” merupakan salah satu falsafah yang menjadi kiblat UMK untuk mendidik para mahasiswanya. Gusjigang sendiri berarti bagus,ngaji,dagang. Jika diuraikan satu per satu bagus berarti ini merupakan harapan UMK untuk mendidik para mahasiswanya supaya menjadi mahasiswa yang mempunyai kepribadian yang cerdas dan santun. Sesuai dengan motto UMK. Yang kedua adalah ngaji. Ngaji disini bukan berarti seperti orang islam yang selalu membaca Al-Quran. Namun lebih menjadikan para mahasiswa nya memiliki akhlak yang agamis. Meskipun UMK bukan merupakan universitas agama, namun UMK ingin mahasiswanya tidak hanya mementingkan dunianya saja tapi juga akhiratnya. Yang ketiga adalah dagang. Seperti kita ketahui bersama, Indonesia saat ini sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi MEA. Pihak UMK disini berharap para mahasiswa bisa mewujudkan ekonomi kreatif.  Mahasiswa tidak hanya sebagai konsumen produk-produk luar negeri, namun juga bertindak sebagai produsen.
Hal ini dituturkan oleh Hendy Hendro selaku wakil rektor 3 bidang kemahasiswaan yang ditemui di ruangannya (Selasa,1/09). Dia mengatakan bahwa sebagai mahasiswa, kita harus bangga dengan apa yang kita miliki. “Mahasiswa UMK tidak hanya bangga sebagai mahasiswa UMK, namun juga harus bangga menjadi warga Indonesia,”tuturnya. Dia juga menambahkan bahwa rasa bangga itu harus dimiliki oleh para mahasiswa sendiri untuk membuat UMK semakin maju. UMK hanya sebagai wadah untuk mengasah ketrampilan para mahasiswanya.
Keunggulan lain yang dimiliki UMK yaitu UMK merupakan kampus yang representatif. Karena letak kampus ini yang stategis, dekat dengan pusat kota Kudus. Serta gedung dan fasilitas modern dan lengkap, semakin membuat nyaman para mahasiswa yang menuntut ilmu disini. Di UMK sendiri tersedia berbagai macam beasiswa yang disediakan untuk para mahasiswanya. Seperti beasiswa yayasan Pembina UMK, Beswan Djarum Pendidikan, Beasiswa Pemkab Kudus, dan masih banyak lagi beasiswa untuk para mahasiswa yang berprestasi. UMK juga terkenal sebagai perguruan tinggi terbesar di wilayah Pantura Timur.
Pendaftar di UMK sendiri sejak 2 tahun terakhir mengalami peningkatan. Dari jumlah pendaftar sebanyak 2561 yang diterima di universitas ini sebanyak 2262 orang pada tahun 2014. Sedangkan di tahun 2015 ini jumlah pendaftar sebanyak 2582 yang diterima sebanyak 2145. Penerimaan mahasiswa tersebut dibagi melalui beberapa jalur. Ada mahasiswa yang diterima melalui jalur CBT (Computer based Test), PBT (Paper Based Test), SBT (Seleksi Bebas Test), SSB (Seleksi Siswa Berprestasi). Hal ini dituturkan oleh Wahyu Wicaksono yang merupakan salah satu staff Linfokom UMK. “Dari semua program studi yang ada di UMK, program studi PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) merupakan yang paling diminati oleh para calon mahasiswa,”ungkapnya. Meskipun di UMK, program studi PGSD merupakan salah satu favorit dari para calon mahasiswa baru (maba), namun program studi lain yang ada di UMK tidak kalah menarik. Di fakultas Ekonomi sendiri ada progdi S1 Akuntansi yang memiliki keunggulan yaitu menghasilakn para lulusan memiliki ketrampilan sebagai akuntan public,akuntan manajemen, konsultan sistem akuntansi, perpajakan dan audit keuangan.Sedangkan di fakultas lain seperti fakultas teknik, ada progdi Sistem Informasi, Teknik Informatika, Teknik Mesin, Teknik Elektro. Di progdi Sistem Informasi berkomitmen menjadikan para mahasiswanya untuk bisa mengusai bidang analisa sistem, perancangan dan pengelola database, pengembangan sistem berbasis web, desktop maupun mobile. Di Teknik Mesin sendiri dapat menghasilkan lulusan professional yang dapat menerapkan IPTEK dalam bidang rekayasa, manufaktur, dan konfersi energy. Prestasi-prestasi yang didapat oleh para mahasiswa UMK dalam satu tahun terakhir ada beberapa. Salah satunya prestasi yang diperoleh Hanny Fatmaya dari Fakultas Pertanian yang menjuarai Wapalhi Prusiking Competition II Tingkat Nasional Tahun 2015 yang meraih peringkat I putri. Selain itu, ada tim futsal Fakultas Teknik UMK juga pernah menjuarai Engineering Futsal Competition Fakultas Teknik UNDIP pada tahun 2014 yang meraih juara II dalam kompetisi tersebut. Di program studi Penddikan Bahasa Inggris (PBI), ada Linggar Uji Nugraha yang menjuarai Tunggal Male (single) Pencak Silat The 17th ASEAN University Games Palembang, Indonesia 2014 yang meraih juara 1.
Salah satu mahasiswa UMK, Dwi Puji Astuti mahasiswa fakultas ekonomi progdi manajemen  yang ditemui tim fakta menuturkan bahwa alasan dia melanjutkan pendidikan di kampus ini yaitu karena dia tertarik dengan kegiatan kemahasiswaanya. Selain itu factor tempat juga mendukung, karena dekat dengan tempat tinggalnya. “ Selama berkuliah di kampus ini saya mendapat banyak sekali manfaat, salah satunya saya semakin berani untuk berorganisasi,”tuturnya.

Penulis  : Ayda, Wiwin/Fakta
Editor  : Thata Tharo
Powered by Blogger.