Header Ads

Gambar1

Pentingnya Pendidikan Anak Sejak Dini

Baca Juga



Pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang harus diperhatikan, karena ini adalah hal penting. Sejak dalam kandungan kita sudah mendapatkan pendidikan dari apa yang dilakukan orangtua. Bagi sebagian masyarakat, pengalaman kehidupan sehari-hari dikeluarga lebih berarti daripada pendidikan formal.
Guna menghadapi tantangan dunia yang semakin tinggi, pendidikan merupakan salah satu modal dasar guna menciptakan/melahirkan generasi yang berkualitas. Menurut Undang-undang Sisdiknas, “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Sedangkan UNESCO menyatakan banwa pendidikan hendaknya dibangun dengan empat pilar, yaitu learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together.
Pendidikan sepanjang hayat, pepatah yang sering kita dengar. Guna menciptakan generasi yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, sejak dini anak diberikan pendidikan di dalam keluarga maupun pendididkan formal PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Pada masa yang disebut the golden age (usia emas) yaitu sejak lahir hingga usia 6 tahun, adalah rentang dimana potensi kecerdasan dan dasar-dasar perilaku seseorang terbentuk, sehingga pendidikan pada anak sangat penting dilakukan.
Diberlakukannya UU No. 20 Tahun 2003, sistem pendidikan di Indonesia terdiri dari pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi yang keseluruhannya merupakan kesatuan yang sistemik. Pendidikan pada anak dilakukan sebelum memasuki jenjang pendidikan dasar yang dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal, dan/atau informal. Pendidikan anak pada jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-kanak (TK), Raudatul Athfal (RA), atau sederajat. Pendidikan jalur nonformal berbentuk Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), atau sederajat. Sedang melalui jalur informal berbentuk pendidikan keluarga atau pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan.

Eka Prabaningrum
Mahasiswa PGSD UMK
Powered by Blogger.