Kiat membuat foto bagus- by M. Ulin Nuha

Baca Juga

Tips Membuat Foto Bagus

1.   Definisi foto yang bagus bukanlah definisi yang verbal. Tak mungkin ada definisi yang bisa ditulis bahwa foto bagus itu seperti apa. Anda bisa menelan sepotong pizza dan bilang rasanya enak, padahal Anda tidak bisa membuat definisi enak” itu seperti apa bukan?

2.   Untuk bisa menghasilkan foto yang bagus, kita harus faham dulu seperti apa foto yang bagus itu. Tak mungkin kita bisa membuat foto bagus kalau kita sendiri sebenarnya tak tahu foto bagus itu seperti apa.

3.   Untuk faham seperti apa foto yang bagus, kita bisa melatihnya dengan melihat foto orang lain yaitu dengan membuka-buka aneka majalah dan buku foto.

4.   Manakala kita melihat sebuah foto dan tertarik, yakinkanlah diri Anda bahwa foto itu bagus. Buktinya Anda tertarik atau bukan?

5.   Kemudian, perhatikan foto itu lalu buatlah pertanyaan di dalam hati: mengapa Anda merasa foto itu menarik. Apanya yang menarik? Apakah warnanya bagus, atau apakah orang dalam foto itu cantik, apakah susunan benda-benda dalam foto itu menarik, apakah suasana dalam foto menarik. Intinya, Anda harus tahu alasan apa yang membuat Anda merasa sebuah foto menarik.

6.   Setelah Anda tahu apa daya tarik sebuah foto, cobalah berpikir bagaimana cara membuat foto itu. Apakah fotografernya jongkok, apakah fotografernya harus naik tangga, apakah fotografernya kira-kira ngobrol dengan obyeknya, apakah fotografernya mujur dapat pencahayaan seperti itu, dan sebagainya.

7.   Setelah dua langkah terakhir dilalui, sesungguhnya Anda sudah punya bekal untuk membuat foto bagus. Makin banyak Anda mengamati foto orang lain, makin banyak bekal bagi Anda untuk bisa membuat foto yang bagus. Ini bukan menjiplak, tapi menabung ide. Di dunia ini tidak ada foto yang bisa sama sekali baru. Sebuah foto pasti dihasilkan dari berbagai ide yang ada di benak sang fotografer.

8.   Kalau sudah memiliki sebuah kamera digital, pakailah tiap hari. Kamera digital apa pun mereknya, umur pakainya hanya sekitar enam tahun. Kamera yang dipakai tiap hari jauh lebih awet daripada kamera yang dipakai sekali-sekali saja. Dengan memakai kamera tiap hari, Anda sekaligus berlatih untuk bisa membuat foto yang bagus.

Macam-Macam Ketertarikan Terhadap Foto:


 Ketertarikan objeknya
AP Photo/Natacha Pisarenko
Coba Anda pikirkan mengapa foto di atas ini menarik. Sekilas, tampaknya tidak ada yang menarik. Tapi kalau Anda diberitahu bahwa di banyak negara Timur Tengah wanita dilarang menampakkan wajahnya di muka umum, foto ini jadi menarik karena Anda membayangkan bahwa buat apa difoto toh wajahnya tidak kelihatan.

Kemudian, coba lihat foto di bawah. Kartu pengenal di beberapa negara Timur
Tengah memang menampilkan pasfoto wanita tertutup burka.
Repro: Fatima Khomeini
Atau

Foto ini masih menarik bagi orang Jakarta walau di Jakarta juga ada kereta api yang dipadati penumpang. Namun, foto ini tetapmenarik karena yang di Jakarta masih kalah penuh. Foto ini pasti sangat menarik bagi orang Eropa yang bahkan melarang penumpang berdiri di dalam gerbong.

REUTERS/Asim Tanveer
Ketertarikan pencahayaan
M.Ulin Nuha
M.Ulin Nuha
 -    Alat yang digunakan
M.Ulin Nuha
 -    Warna
M.Ulin Nuha

Powered by Blogger.