Header Ads

Gambar1

Perlukah Kita Mengkritik?

Baca Juga

Wiwin/Fakta
SEBELUM kita menjawab pertanyaan di atas, sebaiknya tanyakan dulu kepada diri sendiri. Perlukah kita dengan kritik orang lain? Jika kita termasuk golongan manusia pembelajar maka Saya yakin kita memerlukan kritikan. Karena bagi manusia pembelajar, kritik ibarat sebuah cambukan yang akan membuat semangat dan gairah seseorang makin meningkat dalam meraih apa yang diinginkan.
Kita sering mendapat kritikan, karenanya berusaha untuk bisa mengelola kritikan tersebut secara lebih bijak, meskipun itu tidak mudah untuk dilakukan. Pernah juga kita memberikan kritik kepada teman. Awalnya ia sempat sakit hati atas kritikan, karena menurutnya kritikan tersebut cukup pedas. Namun sekarang Ia sadar bahwa kritikan yang pernah diberikan kepadanya adalah salah satu pelecut semangat yang mengantarkannya pada kesuksesan.
Sekarang coba perhatikan apa yang terjadi di luar sana. Apa jadinya masyarakat dan bangsa ini kalau sesuatu yang salah dibiarkan begitu? Kita sendiri tidak bisa membayangkan bagaimana jadinya bila para aktivis anti korupsi, para mahasiswa, ormas dan semua lapisan masyarakat tidak mau mengkritik tindakan salah yang dilakukan oleh pejabat. Tujuannya supaya manusia sadar bahwa tidak ada manusia yang sempurna, semua pasti memiliki kekurangan, namun alangkah lebih baik jika kekurangan yang ada pada orang lain itu kita benahi, agar lebih baik. Demikian sebaliknya bukalah diri kita seluas-luasnya untuk dikritik orang lain.(*)

Powered by Blogger.