Semakin JAYA di umur yang ke-10

Baca Juga

UMK-Sebagai sarana tempat mencari, membuat, dan menyalurkan berita untuk disampaikan warga kampus, kemarin UKM Jurnalistik mengadakan syukuran ulang tahun yang ke-10 di depan bascamp UKM Jurnalistik (10/02). Acara tersebut berlangsung meriah, sakral dan himat meskipun hanya dihadiri anggotanya saja.

           Logo Pena Kampus
Acara tersebut berkonsep sederhana yaitu ada Tahlilan bersama, kemudian potong tumpeng, dan dilanjutkan sarasehan antar anggota. Tujuan acara tersebut untuk mengakrabkan antar anggota dari dua devisi yaitu LPM Pena Kampus dan juga UMK Radio agar saling mengenal, bekerja sama, dan kompak. Syukuran tersebut merupakan awalan dari serangkaian acara Dies Natalis UKM Jurnalistik ke-10.

Setelah acara syukuran, UKM Jurnalistik juga akan mengadakan beberapa events kedepan yang merupakan bagian dari serangkaian acara Dies Natalis UKM Jurnalistik. ”Pada bulan April UKM Jurnalistik rencananya akan mengadakan Talk Show, lomba-lomba seperti News Anchor dari brodcast yaitu membawakan berita, kemudian ada lomba menulis cerpen dan LKTI dari Pena Kampus. Insya Allah 25 besar cerpen terbaik dari finalis cerpen tersebut akan dibukukan dan diterbitkan sehingga peminat untuk finalis cerpen diperkirakan akan banyak.”tambah Shasa ketika diwawancarai REDAKSI FAKTA.

Logo UMK Radio
Melihat UKM Jurnalistik mungkin mempunyai sejarah yang berbeda dengan UKM lainnya.“Sejarah UKM jurnalistik, pada awalnya hanya ada LPM Pena Kampus yang lahir pada tahun 2002, dan kemudian brodcasting menyusul sebagai UKM baru yang sebelumnya bernama UMK Radio, pada awalnya keduanya masih menjadi dua ukm yang berbeda. Pada bulan Febuari 2006 pihak yayasan dalam hal ini rektor, ingin menyatukan kedua ukm itu menjadi satu UKM bernama UKM Jurnalistik.” Ungkap Sasha Apriliani, Ketua UKM Jurnlistik 2015/2016.

UKM Jurnalistik mempunyai peran yang penting dalam menyampaikan berita dalam kampus. Karena jurnalistik pun sudah lengkap menyampaikan beritanya secara verbal dan non verbal untuk masyarakat kampus. Seperti devisi Brodcast menyampaikan berita melalu radio dan Pena Kampus melalu tulisan-tulisan mereka dalam bentuk bulletin FAKTA dan juga majalah.

Sasha berharap sesama anggota anggota devisi UKM Jurnalistik semakin solid, kompak, dan terus jaya.  Sebagai tempat penyalur aspirasi mahasiswa juga harapannya banyak mahasiswa, UKM, BEM, Komunitas yang lain memanfaatkan adanya UKM ini agar peran jurnalistik dapat dirasakan merata. Contohnya mereka bisa memberitahukan kegiatan yang akan dilaksanakan ke Pena Kampus atau Broadcat untuk disebarluaskan ke masyarakat kampus. Atau menyampaikan pesan, kesan, kritik yang membangun kepada kampus untuk disampaikan lewat berita Bulletin FAKTA, majalah, lewat siaran UMK Radio dan media-media yang lain. (Fitria/Thata/FAKTA)
Powered by Blogger.