Siapakah Mahasiswa?

Baca Juga

SEBAGIAN besar dari kita menganggap bahwa mahasiswa sebatas mereka yang duduk menempuh program studi di tingkat Perguruan Tinggi. Anggapan tersebut hanya berlaku di lingkungan mikro Perguruan Tinggi. Sebenarnya, kita sebagai mahasiswa dan juga generasi bangsa Indonesia adalah akademisi calon-calon pemimpin bangsa. Nasib Negara ini berada di tangan kita. Kelak kitalah yang akan membawa Indonesia kearah mana, kearah lebih baik atau malah sebaliknya.
Sebelum kita berpikir tentang Negara, dasarnya kita dituntut peduli dalam menyikapi berbagai permasalahan yang terjadi minimal di lingkungan sekitar. Sebagai seorang akademisi, banyak masyarakat luar yang berharap besar terhadap kinerja kita. Tak hanya teori yang kita pelajari ketika proses pembelajaran, namun mampu menerapkan teori-teori tersebut di dalam kehidupan riil yang berguna bagi masyarakat juga.
Sebagai mahasiswa yang cerdas juga dituntut aktif dalam berorganisasi. Organisasi merupakan langkah awal pembentukan karakter kepemimpinan dan tanggung jawab. Pengalaman yang didapat dalam berorganisasi dapat dipraktikkan di lingkungan masyarakat.
Jika kita sudah melakukan hal seperti di atas, maka kita layak mendapat sebutan MAHASISWA.
Powered by Blogger.