Header Ads

Gambar1

Antisipasi Kebakaran melalui Android, Bisa?

Baca Juga

AUDITORIUM UMK (14/4) lagi-lagi masih diramaikan dengan kegiatan Techno Camp. Kemarin, Techno Camp dimeriahkan dengan agenda Workshop Robotika yang bertema Implementasi Internet of Thing (IoT) berbasis Android. Berdasarkan tema tersebut, konsep pelatihannya yaitu pembuatan alat pendeteksi kebakaran suatu gedung. Alat tersebut akan mengirimkan sinyal melalui bluetooth yang akan diteruskan oleh robot berbentuk mobil dengan bantuan sinyal internet dan nantinya robot tersebut akan menjadi pemadam kebakarannya.
Foto : Kegiatan Workshop Robotika persembahan dari TE UMK (saya)
Apiknya, semua itu dapat dikontrol melalui aplikasi yang berbasis android. Untuk mencapai hasil yang maksimal, pada praktek simulasinya menggunakan miniature gedung Rektorat UMK dengan diberi lilin sebagai sumber api. Lalu, alarm yang sudah dipasang pun berbunyi dan kemudian mengirimkan sinyal ke monitor pengawas mengenai suhu, kelembaban, dan kecepatan angin. Semua data akan dikirim menuju HP android yang sudah terpasang oleh aplikasi tersebut.
Selain itu, pada pelatihan kali juga mengajarkan pembuatan alat semacam drone yang mampu memonitoring suatu hal atau kegiatan dari udara.
Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa Teknik Elektro itu sendiri, namun juga beberapa siswa SMA/SMK/Sederajat se’Karisidenan Pati, dan juga terlihat beberapa pekerja/karyawan sesuai bidangnya.
Untuk narasumber dari kegiatan ini diambil dari alumni UMK sendiri, “Kita lebih membudayakan mahasiswa yang sudah berkompeten daripada mengundang narasumber dari luar.” Ungkap Ika Larasati selaku Ketua Himapro Teknik Elektro. Salah satu alumni Teknik Elektronika yang menjadi narasumber yaitu Torikul Habib, ST, beliau memiliki prestasi yang cukup membanggakan sejak masih menjadi mahasiswa, prestasinya diawali dengan beberapa PKM yang selalu lolos, selain itu juga menghadirkan Fadlur Rohman, Amd  salah satu alumni dari Polines.
 “Jika ada orang dalam yang sudah ahli dan memiliki beberapa prestasi yang membanggakan mengapa kita harus mengambil dari luar?” tambah Ika.(Dewi wil/Saya/Pena Kampus Online)
Powered by Blogger.