Header Ads

Gambar1

Ini Pentingnya “Kuper”

Baca Juga

BARU-BARU ini Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi melakukan kunjungan perusahaan yang sering disebut dengan “kuper”. Kunjungan ini dilakukan di pati tepatnya di PT. Dua Kelinci dan PT. Garuda Food. Dalam melakukan kunjungan perusahaan tersebut tidak semua mengunjungi keduanya melainkan di bagi menjadi dua kelompok. Pembagian itu terjadi karena kuota yang sudah ditentukan oleh perusahaan masing-masing. Peserta yang mengikuti kuper hanya mahasiswa semester 2 yang mengambil Mata Kuliah Lingkungan Bisnis dan Ekonomi sebanyak 225 peserta. “Tujuan diadakannya kunjungan perusahaan ini  untuk mengaplikasikan Ilmu Ekonomi dalam dunia usaha dan agar terjalinnya hubungan yang baik antara universitas dengan perusahaan dan untuk mengajarkan mahasiswa untuk menjadi entrepreneur.” ungkap Kusmiatun Nikmah selaku ketua kegiatan kuper.
Doc. Pribadi
Menurut Kusmiatun sempat terjadi perselisihan sebelum berangkat kuker yaitu masalah akomodasi antara bus dan angkot. Kmudian akhirnya terpilihlah bus sebagai transportasi yang digunakan saat kuper. “Pemilihan bus sebagai transportasi karena bus lebih nyaman, lebih lengkap fasilitasnya, agar lebih terarah dalam memberikan informasi,” kata kusmiatun.
Dibalik masalah kecil tersebut ada juga keunikan tersendiri pada kegiatan ini yaitu mengenai fasilitas sertifikat kuker yang tahun sebelumnya belum pernah ada. “Pemberian sertifikat itu untuk memberikan kesan yang berbeda untuk ada perbedaan pada tahun-tahun kemaren yang biasanya ke semarang sekarang kita ke pati,” tambah kusmiatun. Pemberian sertifikat itu juga dapat dijadikan sebagai bukti pernah melakukan kunjungan perusahaan dan dimungkinkan juga dapat dilampirkan saat magang di perusahaan-perusahaan.
 “Untuk kuper yang akan datang bisa lebih baik lagi terus kalau bisa kerja samanya lebih baik lagi dengan perusahannya dan mungkin lebih banyak lagi,” harapan Kusmiatun Nikmah untuk kuper tahun depan.(Fitia/Mutiara/Thata/Fakta)
Powered by Blogger.