Header Ads

Gambar1

Juara lomba desain autodesk invetor Techno camp himapro mesin FT UMK

Baca Juga

SELASA (12/4), memasuki hari kedua acara Techno Camp Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus. Pada kesempatan kali ini Fakultas Teknik mengadakan serangkaian kegiatan diantaranya, lomba mewarnai bagi TK, donor darah, dan juga lomba Desain Autodesk Inventor yang diikuti oleh para siswa SMA/SMK/sederajat se-Jawa Tengah.
Ilustrasi : peserta lomba desain autodesk inventor sedang menunggu hasil lomba (saya)
   Lomba Desain Autodesk Inventor tahun ini merupakan lomba kedua yang pernah diselenggarakan Himapro Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus.
Perbedaannya dari tahun sebelumnya yaitu penggunaan tools desainnya. “Kalau dulu kita menggunakan Autocad, kalau sekarang kita menggunakan Autodesk Inventor,” ungkap Muhammad Ulil Albab selaku Ketua Himapro Teknik Mesin. Perubahan ini berdasarkan tuntutan kemajuan zaman. Dewasa ini penggunaan Inventor lebih baik daripada Autocad yang hasilnya masih dalam bentuk 2D (dua dimensi) sedangkan untuk desain inventor sudah dapat berbentuk 3D (tiga dimensi), disamping hasilnya yang jauh lebih baik hasil dari aplikasi ini juga dapat bergerak tidak statis seperti autocad.
Pelaksanaan lomba autodesk kali ini, mengangkat tema “Mechanical Engineering for a better life”. Tujuan lomba tersebut tidak lain sebagai ajang pencarian bibit-bibit baru dengan menghasilkan inovasi yang baru untuk peningkatan standarisasi hidup yang lebih baik, “dengan adanya lomba desain autodesk ini diharapkan dapat mencari bibit-bibit baru di bidang desain”, tambah Ulil.
Kriteria penilaian dari lomba ini meliputi 4 hal diantaranya : ketentuan ukuran dan hasil gambar 3D, jumlah gambar yang dibuat, kecepatan penyelesaian gambar, dan gambar yang tidak digarap.
Di lomba autodesk yang diselenggarakan Himapro Mesin kali ini dimenangkan oleh Syafiqul Hisyam dari Wisuda Karya yang meraih juara ke-3, Ulda Rifat Syauqi dari SMKN 2 Pati sebagai juara ke-2, dan juara pertama di raih oleh Eka Fajar Kusuma dari SMK Wisuda Karya Kudus.
Selain sebagai ajang promosi, khususnya teknik mesin UMK, lomba semacam ini baru di Universitas Muria Kudus, sejauh ini di Jateng baru di UMK yang melaksanakan lomba semacam ini,” pungkas dari Muhammad Ulil. Diharapkan ditahun yang akan datang dapat melaksanakan lomba yang serupa akan tetapi dengan kemasan yang lebih meriah. (Dewi Wil, Saya/Wahyu/Pena Kampus Online)
Powered by Blogger.