Header Ads

Gambar1

Sehat dan Terampil melalui Seni Tari

Baca Juga

JUMAT (22/04) kemarin, mahasiswa seni tari pendidikan guru sekolah dasar Universitas Muria Kudus memperlihatkan kemampuan menarinya dalam ujian tengah semester. Seni tari merupakan salah satu mata kuliah pilihan dari total 3 mata kuliah seni  mahasiswa PGSD semester 4, yaitu seni musik dan seni rupa. Ada sekitar 125 mahasiswa yang mengikuti seni tari dan terbagi dalam 3 kelas.
Foto : Pentas Tari Mahasiswa PGSD  UMK


Bertempat di gedung J, satu persatu mahasiswa mempersipakan diri untuk tampil maksimal dalam ujian tersebut. Nur Maulida misalnya, ia memilih konsep dari kealamian bumi papua yang telah dipersiapkan sejak jauhari. ”Mengingat tari kreasi ini bertema papua, saya bersama kelompok memilih tampil dengan konsep bulu-bulu khas papua” ujar mahasiswa asal Jekulo itu.
Selain menyehatkan, tari juga dapat mengasah keterampilan gerak mahasiswa. Dosen hanya sebagai fasilitator untuk memancing mahasiswa mengembangkan gerak dalam tarian. “Disini mahasiwa belajar sambil berkeringat karena langsung praktik, bisa dibilang olah raga” ujar Dhena mahasiswa seni tari kelas B.
Melalui matakuliah pilihan seni tari, mahasiswa dibekali keterampilan menari untuk kelak diaplikasikan kepada peserta didik. Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat mentransformasikan budaya Indonesia melalui seni tari. Etik Dwi selaku dosen pengampu  menuturkan tujuan dari mata kuliah seni tari selain untuk membekali gerak dasar tari dan jenis tari kreasi pada mahasiswa, juga nantinya akan mengadakan pagelaran tari. Rencananya pagelaran tari  akan diadakan di akhir bulan Mei bersama dengan mata kuliah pilihan seni lainnya. “Dipagelaran tidak hanya menampilkan seni tari, tetapi ada pula dari seni musik serta pameran seni rupa dari mahasiswa” tutur Etik Dwi  yang juga pemilik sanggar Bougenville. (IN/Thata/Pena Kampus Online)
Powered by Blogger.