Header Ads

Gambar1

Belajar Asyik di Waroeng Prancis UMK

Baca Juga

SIAPA YANG TIDAK KENAL WAROENG PRANCIS? Waroeng Prancis adalah wadah yang dibentuk oleh lembaga Prancis IFI-LIP yang diperuntukkan bagi orang orang yang tertarik dan berminat mengetahui lebih dalam terhadap hal hal yang berhubungan dengan Prancis, terutama mengenai informasi pendidikan dan kebudayaan di sana. Waroeng Prancis berada di bawah naungan Perpustakaan UMK.
Istimewa

Tujuannya jelas, menjadi sumber berbagai informasi mengenai kebudayaan dan pendidikan Prancis bagi masyarakat umum, terutama mahasiswa ataupun siswa-siswa sekolah di karesidenan Pati. Sampai sejauh ini, agenda tetap Waroeng Prancis UMK ialah mengadakan acara kursus bahasa Prancis bersama MGMP guru-guru  Bahasa Prancis se kabupaten Kudus yang diadakan setiap hari Selasa. Selain itu juga disediakan Bioskop Prancis (nonton bareng) dan game edukasi yang rutin diadakan setiap hari Sabtu.
“Sedangkan untuk agenda tahunan, kami belum maksimal melaksanakan. Hanya sebatas perayaan ulang tahun seperti tahun lalu,” kata Ely. Hal itu dikarenakan Waroeng Prancis UMK baru berusia dua tahun. Akan tetapi, pelaksanaan kunjungan bagi volunteer ke IFI-LIP Jogya sudah berlangsung dua kali dan akan dijadikan agenda rutin untuk tahun tahun berikutnya. Lalu, pada kegiatan accidental WP UMK juga selalu turut merayakan melalui sebuah kegiatan yang berhubungan dengan hari besar. Misalnya saja, pada peringatan kemerdekaan tahun kemarin, WP UMK ikut memeriahkan dengan mengadakan lomba lomba tradisional dengan syarat syarat yang berlaku.
Akan tetapi, meskipun memiliki banyak keuntungan hingga kini prestasi besar belum ada, selain menjadi satu satunya WP yang berdiri di karesidenan Pati.  “Kami akan terus berusaha semaksimal mungkin agar WP UMK terdengar gaungnya oleh masyarakat di sekitar,” tambahnya.
Jika dilihat dari tahun lalu, perayaan ulang tahun kedua WP secara meriah membuat jumlah peminatnya semakin meningkat. Tidak hanya oleh mahasiswa setempat, namun juga oleh siswa siswi SMA se kabupaten Kudus ataupun sekitarnya.
Untuk kualitas anggotanya jelas semakin baik. Menurut penuturan Ely, anggota di WP UMK dibimbing agar dalam mengerjakan sesuatu harus dengan sepenuh hati agar mendapatkan hasil yang maksimal. Serta membuat anggota anggotanya belajar tentang bagaimana berorganisasi dan memenej waktu yang baik dan benar.
WP sangat profit untuk mahasiswa sendiri, karena kita dapat melakukan kerja sama melalui beasiswa studi lanjut di Prancis. WP merupakan jalan satu satunya untuk medapat akses tersebut. Sebab, WP merupakan satu satunya wadah yang dibentuk oleh lembaga IFI-LIP, satu satunya lembaga Prancis yang berada di bawah naungan kedubes Prancis. Keinginan yang hingga kini belum terwujud ialah memanggil orang berkebangsaan Prancis untuk berkunjung dan mengajarkan budaya serta pendidikannya di WP UMK, agar WP semakin berkualitas dan diminati para penuntut ilmu,” tutur Ely.


Powered by Blogger.