Header Ads

Gambar1

Belajar Investasi ? Kenapa Tidak !!!

Baca Juga

INVESTASI bisa dikatakan sebagai penanaman modal. Belajar investasi tidak hanya bisa dirasakan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi saja, di UMK sudah ada fasilitas berupa Pojok Bursa Efek Indonesia sebagai Kajian Pasar Modal dan terbuka untuk umum (mahasiswa UMK dan pihak luar).
Foto : Kegiatan di Pojok BEI (Amrita)

Pendirian Pojok BEI galeri investasi bursa di UMK itu sendiri diawali pada sekitar tahun 2011 an, yang memiliki tujuan awal yaitu membantu mahasiswa untuk berlatih lebih dalam mengenai pasar modal, khususnya pada saham. “Alangkah baiknya jika pembelajaran pasar modal tidak hanya berupa teori dalam proses pembelajaran di kelas, namun juga dipraktekkan secara langsung.” Ungkap Abdurrahman Faruri selaku Representative Officer di Pojok BEI UMK.
Dalam upaya sosialilsasi, Pojok BEI di UMK memiliki beberapa cara yaitu dengan seminar-seminar pasar modal yang dilakukan di dalam maupun luar UMK, kuliah umum pasar modal, terkadang juga melakukan gathering di hotel-hotel untuk mencapai sasaran masyarakat umum dan juga sekaligus sebagai ajang promosi UMK.

Pojok BEI UMK juga menawarkan beberapa program unggul diantaranya deposito mulai dari Rp.100.000 sudah dapat bermain saham. Jika bagi mahasiswa yang tidak begitu aktif di saham, pojok BEI juga dapat menawarkan program reksadana
Untuk persyaratannya cukup mudah yaitu menyediakan KTP, KTM (bagi mahasiswa), dan buku rekening bank, 3 buah materai, dan uang tunai Rp.100.000 sebagai awal depositonya.
Selain memperkenalkan pasar modal konvensional, di Pojok BEI UMK juga memperkenalkan pasar modal berbasis syariah. Dalam upayanya seperti melakukan seminar di auditorium UMK yang bertema “Pasar Modal Syariah sebagai Sarana Investasi Halal dan Menguntungkan” (7/4). Di kegiatan seminar kali ini, menghadirkan narasumber langsung dari IDX Semarang dan IPOT Semarang, dan juga Dr.Supriyono, SE.MM selaku salah satu dosen FE di UMK. Selain itu juga, Pojok BEI melakukan kuliah umum mengenai pasar modal berbasis syariah.
Pada kegiatan kali ini, Kelompok Kajian Pasar Modal bekerja sama dengan Kelompok Kajian Ekonomi Syariah yang memiliki sasaran peserta masyarakat umum dan mahasiswa.
Antusiasme mahasiswa dalam mempelajari pasar modal cukup tinggi, seperti yang diungkapkan oleh Alya, salah satu mahasiswa Akuntansi semester 4 yang mengikuti Kajian Pasar Modal “Saya berminat untuk mempelajari pasar modal untuk mempersiapkan masa depan sebagai investor selain itu juga dapat menumbuhkan jiwa dalam berorganisasi.” Tutur Alya. (Dewiwil/Thata/FAKTA)
Powered by Blogger.