Kritis itu Perlu !!!

Baca Juga

Ilustrasi (istimewa)
TIDAK SELAYAKNYA mahasiswa bersikap acuh tak acuh  dalam melihat dunia. Mahasiswa merupakan suatu golongan dari masyarakat yang mempunyai dua sifat yaitu manusia muda dan calon intelektual. Sebagai calon intelektual, mahasiswa harus mampu untuk berpikir kritis terhadap kenyataan social, sedangkan sebagai manusia muda, mahasiswa seringkali tidak mengukur resiko yang akan menimpa dirinya (Djojodibroto, 2004).
Sebagai seorang mahasiswa, berpikir kritis bukanlah hal yang mudah karena diperlukannya wawasan yang luas dan memiliki rasa ingin tau yang begitu kuat terhadap sesuatu masalah berdasarkan tingkat keakuratan dan kepastian data. Seperti pengertian kritis yang diungkapkan oleh Walker (2006) bahwa kritis adalah suatu proses intelektual dalam pembuatan konsep, mengaplikasikan, menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi berbagai informasi yang didapat dari hasil observasi, pengalaman, refleksi, dimana hasil proses ini digunakan sebagai dasar saat mengambil tindakan.
Berpikir kritis perlu diimplementasikan secara nyata. Dalam penerapannya perilaku kritis mahasiswa dapat dimulai dari aktifnya dia dalam berbagai forum diskusi kelas maupun luar kelas. Mahasiswa tidak langsung menerima atau menolak pendapat dari orang lain, bahkan dosen namun, mereka akan mencari tahu lebih detail mengenai pendapat tersebut. Mahasiswa dapat dikatakan kritis juga mengacu pada tingkat keberaniannya dalam menyampaikan aspirasinya.(*)

Powered by Blogger.