Header Ads

Gambar1

Sweety Days Kenalkan Bossanova Di FASBuK

Baca Juga

Foto : keggiatan FASBuK bertemakan Boosanova Sastra (Thata)

Bossanova yang merupakan salah satu jenis musik jazz dari Brazil, semalam hadir memeriahkan panggung Forum Apresiasi Seni dan Budaya Kudus (FASBuK) di Auditorium UMK (29/07). Genre musik yang pada awal kemunculannya diminati para mahasiswa ini, merupakan jenis repetoar jazz standar. Sejurus dengan tema yang diusung yaitu Bossanova Sastra, pentas musik pun dikolaborasikan dengan karya sastra puisi. Sweety Days band sebagai pengisi acara malam itu, membawakan musikalisasi puisi karya Sapardi Djoko Damono yang berjudul “Aku Ingin” dengan kreatifitas mereka.
Genre yang dibawakan oleh Sweety Days band merupakan warna baru di dunia musik terutama yang ditampilkan dalam FASBuK. Awal mulanya band ini terbentuk dengan nama The Candi. Akan tetapi beberapa personil memiliki keperluan yang terpisah ke Malaysia, sehingga menyebabkan The Candi menjadi vakum. Tak lama setelah itu, Band yang berharap hari-harinya selalu manis ini mulai bangkit meskipun personilnya berubah-ubah. “Personil kami selalu berubah-ubah. Tetapi kami harap ini yang terakhir,” jelas  Edwin sang gitaris.
Mengingat banyaknya genre musik yang ada, awal terbentuknya band yang terdiri dari 5 personil ini mencoba membawakan jenis musik yang masih jarang di Kudus. Keluarlah Bossanova, kolaborasi antara musik jazz dengan iringan pop menjadi warna bagi Sweety Days. Galang mengatakan, “Di Kudus Bossanova masih jarang, terlebih kami mengkolaborasikan dengan pop. Kami harap melalui FASBuK, orang-orang lebih mengenal musik jenis ini” terang sang drummer. Ia juga berharap dengan adanya FASBuK sebagai wadah untuk mengapresiasi seni dan budaya, para musisi dan seniman dapat memperkenalkan karya mereka kepada publik. “Ini pertama kali kami ke FASBuK, antusiasmenya luar biasa. Bisa jadi wadah seni baik seni tari, musik, teater, atau kombinasi seperti kami musikalisasi puisi tadi. Tak hanya itu, kita juga bisa sharing tentang seni. Jika ingin tahu lebih banyak bisa lihat instagram kita @sweetydaysband,” tambahnya.
Acara yang dimulai sekitar pukul 19.30 WIB tersebut, juga diwarnai dengan lomba photooboth di stand yang telah disediakan oleh panitia. Penonton Semakin antusias ketika mereka diberikan kesempatan untuk mengekspresikan  diri membaca puisi di depan panggung. Salsabila misalnya, Ia membacakan puisi karya chairil Anwar berjudul “AKU”. Siswa yang duduk di bangku SMP itu mengaku sudah dua kali tampil berpuisi di FASBuK, “Ini kedua kalinya tampil berpuisi di FASBuK, pertama dulu ketika FASBuK mengadakan kegiatan yang bertema pena dan kertas ” ungkapnya. Halal bihalal dengan saling bersalaman dan foto bersama, menjadi acara penutup dalam forum apresiasi kesenian tersebut. (IN)
Powered by Blogger.