Header Ads

Gambar1

Aplikasi Pemandu Wisata Kudus Bawa Tim Ardi Melaju ke Pimnas

Baca Juga

Foto : Aplikasi My Tour Guide Kudus (doc. pribadi)
Pena Kampus-Proposal yang diberi judul “(My Tour Guide) Sebagai Media Pemandu Wisata Budaya Lokal Kabupaten Kudus dengan GPS Berbasis Android” , karya mahasiswa fakultas teknik Universitas Muria Kudus berhasil tembus ke Pimnas. Ide tersebut muncul dilatarbelakangi oleh banyaknya destinasi wisata di kudus, yang belum diketahui oleh banyak wisatawan. Salah satu kendalanya adalah karena minimya informasi center yang ada di kudus. Informasi yang telah tersedia di website dan layanan pusat informasi oleh dinas paraiwisata, rupanya belum bisa memudahkan penikmat wisata dalam menemukan tempat yang ingin mereka kunjungi. Terlebih, layanan tersebut tidak bisa diakses secara Online.
Foto : Ardi (ketua tim) bersama dengan bu endang (doc. pribadi)

Berangkat dari permasalahan tersebut, Ardi beserta kedua temannya yaitu Desty dan Fajar mencetuskan aplikasi pemandu wisata Kudus dengan didukung GPS berbasis android. “Aplikasi ini memanfaatkan Teknologi GPS pada Perangkat Smartphone Android, yang berfungsi untuk mencari dan mengarahkan serta memberikan informasi yang ada pada lokasi tersebut kepada para wisatawan, maupun pengunjung untuk menikmati perjalanan dalam sebuah handphone yang dapat diakses dimanapun secara portabel” tulis Tim Ardi melalui email kepada Peka Online.
Nantinya, Aplikasi My Tour Guide ini terdiri dari beberapa Kategori Wisata diantaranya Wisata Religi, Wisata Alam, Wisata Kuliner, Wisata Belanja , Wisata Event Tahunan dan Wisata UMKM(Potensi Wirausaha). Selain dapat memperkenalkan pariwisata di kabupaten Kudus, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memperkenalkan Kudus dengan keberagaman dan budayanya. Sehingga, dapat turut melestarikan budaya di kabupaten Kudus.
*Sekarang ini, tim Ardi yang dibimbing oleh Endang Supriyati, S.Kom , M.Kom tengah berada di Bogor untuk menghadiri Pimnas. Nantikan berita selanjutnya dari kami.(IN/Pena Kampus Online)
Powered by Blogger.