Header Ads

Gambar1

DISDIKPORA TEGASKAN PENTINGNYA PERAN PEMUDA (MAHASISWA) UNTUK BANGSA LEWAT LKKP

Baca Juga

Pena Kampus Online-LATIHAN Kaderisasi Kepemimpinan Pemuda (LKKP) Mahasiswa tingkat kabupaten Kudus tahun ini diadakan di Hotel Graha Muria, Colo. Acara ini diikuti sekitar 60 peserta, yang berasal dari perwakilan mahasiswa Kudus dan aktivis desa setempat. Perwakilan mahasiswa setingkat perguruan tinggi Kudus diantaranya berasal dari UMK, STAIN, STIKES Cendekia, STIKES Muhammadiah, AKBID Muslimat, AKBID Mardirahayu dan Universitas Terbuka.
Foto bersama seluruh mahasiswa yang mengikuti LKKP /Doc. LKKP
Selama tiga hari 11-13 Oktober 2016, mahasiswa dibekali diri untuk menjadi seorang pemimpin yang berlandaskan Pancasila. Tidak hanya itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk menyadarkan kembali peran pemuda sebagai agen perubahan, kontrol sosial, dan peran akif kekuatan moral yang mulai memudar.
Disdikpora Seksi Pengembangan Sumber Daya Pemuda kabupaten Kudus selaku penyelenggara acara, diwakili Wagimin Sutrisno mengatakan, “Dari LKKP ini, nantinya akan tercipta kader pemimpin yang siap fisik dan mental untuk Indonesia lebih baik. Tindak lanjutnya, yang terpilih sebagai pemuda pelopor kabupaten akan kita saingkan di provinsi” ujarnya saat membuka acara.
Terdapat tujuh materi yang diberikan, diantaranya tentang Wawasan kebangsaan; Kader Berpancasila; Pemecahan Masalah; KMPI; Penanggulangan Narkoba; dan Pilihan Hidup. Dari keseluruhan acara, materi penanggulangan Narkoba yang disampikan oleh Junaidi (Pimpinan IPWL pesantren Pelajar Al-Ma’la) mendapat antusias lebih dari peserta. Penanggulangan Narkoba yang dilakukan dengan bersumber pada agama menjadi daya tarik tersendiri. Nada misalnya, “IPWL tidak terkiat dengan politik dan hukum. Kita diajari mengenali pengguna Narkoba sampai tahap rehabilitasi. Beberapa peserta juga melakukan tes urin untuk membuktikan menggunakan narkoba atau tidak. Inspiratif” terangnya.
Permasalahan bangsa Indonesia yang begitu kompleks, mulai dari globalisasi, politik, dan ekonomi menjadi tugas pemuda sebagai generasi penerus utuk menuntaskan problem tersebut. Peran pemuda sebagai agen perubahan, harus benar dilaksanakan. Hal ini ditegaskan oleh Sumono sebagai panitia LKKP,sebelum penutupan acara kamis kemarin (13/10)  “Ingat peran kita sebagai pemuda, keluar dari sini harus ada perubahan dari diri kita ke arah yang lebih baik untuk menjadi figur pemimpin. Mulai dari diri sendiri, dengan menjadi pemimpin yang baik untuk diri kita sendiri,” pungkasnya. (IN/Peka Online)
Powered by Blogger.