Header Ads

Gambar1

ENJ Jateng, Mengabdi untuk Negeri

Baca Juga

Tim Ekspedisi Nusantara Jaya Jawa Tengah ketika sampai di Karimun Jawa (Doc. Peka)


 PEKA Online - Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, dan pernah berjaya melalui sektor kemaritiman, pada masa lalu. Dengan hasil laut yang melimpah, seharusnya Indonesia mampu tumbuh secara optimal. Namun, yang terjadi adalah hampir sebagian besar penduduknya masih terbatas dalam bidang ekonomi, pendidikan, serta sarana dan prasarananya. Kehadiran ENJ (Ekspedisi Nusantara Jaya 2016) di bawah komando Kemenko Kemaritiman, membawa misi untuk perbaikan keadaan di pulau-pulau terdepan dan terpencil.

Perintis ENJ Jateng 2016 yang berjumlah 18 peserta dan 1 mentor melakukan ekspedisi di Pulau Kemujan, Ds. Kemujan, Kec. Karimun Jawa, Kab. Jepara. Program yang diusung terdiri dari program lingkungan, kesehatan, dan pendidikan. Sejauh ini, beberapa program yang telah terlaksana. Diantaranya program pendidikan. Tujuannya, mengedukasi warga setempat melalui cara yang menyenangkan, sekaligus mengenalkan eksistensi teknologi dewasa ini. Output yang dihasilkan diharapkan membawa perubahan pada daerah setempat, seperti pola pikir yang lebih terbuka (16/10).  
Tim ENJ akan membagikan donasi ke warga desa (Dok.Peka)
Program lainnya seperti Lingkungan, juga mulai bergerak melaksanakan kegiatan yang telah disusun, seperti pembagian donasi baju layak pakai(17/10). “Dari program Lingkungan, kami membagikan donasi baju layak pakai kepada warga desa,” tutur Rr. Devi Aninda Maya Amelia. Donasi tersebut didapat dari seluruh donatur Jawa Tengah dan DIY. Warga di desa Kemujan sangat terbuka bahkan terbiasa dengan pemuda-pemuda yang melakukan penelitian ataupun pengabdian di desa tersebut. Sehingga, momen pembagian donasi pun terlihat lebih hangat seperti silaturrahim antar warga. Dari program kesehatan, dilaksanakan kegiatan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) dan P3K di SDN 1 Kemujan desa Kemujan (18/10). Pada  hari yang sama, juga dilaksanakan Sekolah Inspirasi di SDN 5 Kemujan untuk memupuk mental dan soft skill anak-anak di desa Kemujan.
Hingga saat ini (19/10), Tim ENJ Jateng 2016 melaksanakan kegiatan English For Fun yang diadakan di SDN 3 Kemujan. Seperti yang telah diketahui bersama, perbaikan pendidikan menjadi salah satu misi utama ENJ Jateng 2016. Nah dengan adanya EFF, diharapkan anak-anak desa Kemujan lebih terasah lagi kemampuan bahasa Inggrisnya, sehingga mampu mengikuti perkembangan zaman, ditambah dengan pulau Kemujan adalah salah satu pulau tujuan wisata turis asing yang berbahasa pengantar bahasa Inggris. Selain itu, Tim ENJ Jateng 2016 mencoba untuk membuka wacana masyarakat, utamanya anak-anak melalui kegiatan Sekolah Alam yang dilaksanakan di SDN 4 Kemujan agar sadar akan potensi alamnya, dan kemauan untuk menjaga. “Semoga ke depannya ENJ bisa lebih baik lagi, bisa bermanfaat untuk lebih banyak masyarakat, serta memberikan sesuatu yang bermanfaat, seperti ilmu, pengalaman, dan apa yang telah dilakukan dalam pengabdian ini. Misi ENJ adalah menghubungan pulau-pulau terdepan, terluar, dan terpencil. Oleh karena itu, kami berharap agar semua pihak bisa tetap menjaga hubungan baik dengan masyarakat di desa Kemujan, Tim ENJ Jateng juga berterima kasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh Kemenko Kemaritiman,” tutur Eni Sukmawati Indah, mentor ENJ Jateng 2016. (Ulya/Thata)
Powered by Blogger.