Kita adalah Indonesia

Baca Juga

PANCASILA sebagai dasar Negara Indonesia sekaligus pedoman hidup bagi setiap warga negaranya, mengandung nilai-nilai penting dalam setiap silanya. Menurut Fred W (1964), konsepsi prismatic sebagaimana dijutip oleh Prof.Mahfud, menyatakan bahwa Pancasila mengandung unsur-unsur yang baik dan cocok dengan nilai khas budaya Indonesia. Salah satu ajaran pokoknya yaitu sikap toleransi.
Istimewa
Pada kenyataannya, masalah pluralitas agama menjadi salah satu masalah yang tak pernah surut. Padahal, Negara sudah memberikan contoh nyata sikap toleransi bagi umat beragama. Hal tersebut telah diatur dalam UUD 1945 pasal 29 ayat 2: “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadah menurut agamanya dan kepercayaannya itu.”
Tidak sedikit diantara kita mempermasalahkan warna kulit, suku bangsa, maupun ras yang melekat dalam diri seseorang. Pada hakekatnya, semua itu adalah keberagaman yang diciptakan Tuhan untuk menghiasi kehidupan. Disini Negara juga mengakui tentang Hak Asasi Manusia, dipertegas dengan adanya UU No.39 Tahun 1999 tentang HAM, selain itu juga terdapat beberapa pasal yang menjelaskannya di UUD 1945.
Indonesia telah mengajarkan sikap toleransi di dalam Pancasila. Kita sebagai mahasiswa Indonesia tidak cukup hanya menghafal Pancasila, namun juga menahami, dan mengaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. (*)

Powered by Blogger.