KINANTI, suguhan kesenian Jawa oleh Fasbuk

Baca Juga

Pena Kampus-Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus akan kembali menyuguhkan lawatan rutinnya. Kali ini akan mengusung tema diskusi "KINANTI" di Auditorium Universitas Muria Kudus, pada hari rabu (23/11).
Kinanti adalah kata dalam bahasa Jawa klasik. Akar katanya adalah kanti, dikanti, yang artinya dituntun untuk kembali. Kinanti juga adalah salah satu tembang macapat. Lirik-liriknya berisi tuntunan kepada manusia untuk kembali ke Allah.
Pada kesempatan kali ini juga akan menghadirkan Totok Pamungkas, Seorang seniman yang selalu gelisah untuk menciptakan karya-karya baru yang inovatif. Pria kalahiran Sragen, 23 Desember 1988 ini adalah sosok yang bertahun-tahun terus berkarya dan memberikan suguhan yang menarik melalui kesenian Jawa.
Sage Ngundi Laras juga akan meramaikan acara Fasbuk kali ini. Kelompok Seni yang didikan pada 17 Oktober 2012 ini merupakan besutan dari Bapa Eddy Sanstosa dan Totok Pamnungkas.
Katresnan kang kacidra memberikan gambaran dua sisi kehidupan , isi gelap dan terang, salah satu bentuk pembelejaran yang diajarkan melalui tari ramayana yang dikemas dalam Katresnan kang kacidra dan juga alunan musik karawitan Ora Ana Anyar Yen Ora Ana Lawas.  Kedua judul tersebut memiliki makna tersediriyang kemudian akan melebur menjadi satu dalam penampilan apik dalam FASBuk (23/11).
Selain penampilan dari kedua seniman tersebut juga masih ada lagi penampilan apik dari beberapa lainnya. Performa kesenian Jawa akan sangat kental pada penampilan Fasbuk kali ini.
Secara rutin tiap bulannya FASBuK menggelar acara Sastra dan Seni Budaya yang meliputi Apresiasi sastra, Sarasehan Budaya, Pertunjukan Musik, Tari dan Pementasan Drama/Teater, dan sebagainya. Acara tersebut di gelar di berbagai tempat kantong-kantong Budaya di Kudus.(Saya/Pena Kampus Online)

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kegiatan ini, silahkan menghubungi :
Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FasBuk)
Ketua Badan Pekerja FASBuK :Arfin AM
No. Hp: +62 857 4199 8480
Powered by Blogger.