Menilik, Masa Kepemimpinan Ormawa lewat Diskusi Triwulan

Baca Juga

Pena Kampus-Terhitung sejak pelantikan September lalu, maka genap tiga bulan (19/11) masa kepemimpinan Ormawa (organisasi mahasiswa) di Universitas Muria Kudus. Menilik program setiap ormawa selama tiga bulan peratama dan yang akan datang, BEM UMK menggelar acara dikusi triwulan antar Ormawa di gedung Rektorat ruang VIP lantai satu.
Foto : susana Diskusi Ormawa Triwulan/IN
Dihadiri oleh 23 mahasiswa sebagai perwakilan Ormawa, diskusi membahas proja ormawa, sharing kerjasama, sampai dengan keluhan dari setiap Ormawa. “Acara diskusi ini akan rutin dilakukan setiap triwulan sekali, yaitu November, Januari, dan April,” ujar presiden bem UMK sebagai pemimpin diskusi.
Selain diskusi untuk mempererat komunikasi, acara diskusi juga bertujuan untuk membuka rantai kerjasama antar Ormawa seperti dalam kepanitiaan program kerja. “Melalui kegiatan seperti ini kita akan tahu program kerja masing-masing Ormawa, sampai pada masalah internal yang terjadi sehingga kita saling terbuka,” imbuhnya.
Acara yang dimulai sekitar pukul 14.00 WIB tersebut, mengusung tema “Membangun kampus melalui evaluasi kinerja Ormawa”. Diskusi ini mendapat antusias dari perwakilan ormawa yang hadir, Ketua UKM Olahraga misalnya. Ia menurutkan, “Diskusi ini sebenanya bagus, tetapi kurang efisien karena saya rasa masih terkesan formal. Saran saya kemasannya jangan terlalu formal. Biar lebih santai ngobrolnya, ” kata Ifan.
Diskusi yang berlangsung sekitar dua jam tersebut menekankan tiga hal, yaitu kedudukan BEM fakultas dengan UKM, Program Kreativitas Mahasiswa, dan hubungan antar ormawa. Kepentingan yang dibawa oleh BEM Fakultas dengan UKM berbeda, mencakup mahasiswa umum dengan mahasiwa aktivis, sehingga program kerja yang dibuat harus melihat konteks sasaran program. Sementara itu untuk PKM, seluruh ormawa diharapkan memanfaatkannya dengan baik. Syafiq mengatakan, “Ormawa harus ada yang lolos PHBD, komunikasi ini yang penting sehingga antar ormawa dapat saling bertukar pikiran dan bantuan,” jelas presiden BEM UMK. IN/Pena Online
Powered by Blogger.