Header Ads

Gambar1

Musibah yang Membawa Perubahan

Baca Juga

Muhammad Jamal Riza Nanda Putra(*)
Pena Kampus - Masih segar diingatan kita mengenai kasus pencurian yang ada dikampus tercinta kita, Universitas Muria Kudus (UMK). Kasus yang terjadi memang telah ditangani oleh pihak berwenang, namun tentu kita tidak ingin kasus seperti itu tidak terjadi lagi.
Dewasa ini, tingkat keamanan harus semakin ditingkatkan, mengingat jumlah kriminalitas yang semakin marak terjadi. Dalam hal menjaga keamanan dan ketentraman, bukan hanya menjadi tanggungjawab pihak keamanan saja, melainkan juga menjadi  tanggungjawab kita bersama.
Kasus pencurian yang terjadi baik dilingkungan masyarakat maupun kampus, bukanlah semata-mata karena niat dari sang pelaku melainkan juga karena kelalaian kita sendiri. Seperti yang sering dikatakan artis kawakan, bang Napi, “Kejahatan tidak selalu terjadi hanya karena ada niat dari pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan! Waspadalah, waspadalah!!!"
Dari kata tersebut kita tentu sudah paham akan pentingnya menjaga apa yang kita miliki. Dalam islah istilah tersebut dinamakan dengan Ikhtiar. Ikhtiar secara bahasa bertinya memilih manakala secara istilah ikhtiar adalah usaha seorang hamba untuk memperoleh apa yang di kehendakinya. Orang yang berikhtiar bererti dia memilih suatu pekerjaan kemudian dia melakukan pekerjaannya dengan sungguh-sungguh agar dapat berhasil dan berjaya.
Bagaimana tanggapan semua pihak mengenai kasus tersebut?
Kejadian tersebut menimbulkan kecemasan dan  rasa was-was bagi semua kalangan.
Apakah semua pihak sudah berpartisipasi dalam menjaga keamanan?
Apabila dilihat secara langsung sebenarnya partisipasi semua pihak masih kurang. Terbukti dengan adanya kasus hilangnya helm di area kampus UMK. Seharusnya semua pihak harus menjaga apa yang dimilikinya.
“Seharusnya parkiran dikelilingi setiap satu jam sekali oleh petugas keamanan”, keluh Muhammad Jamal Riza Nanda Putra, salah seorang mahasiswa Progdi Sistem Informasi. “Apalagi helm yang hilang itu banyak kenangannya”, imbuhnya.
Harapan setelah terjadi kasus tersebut yakni pihak kampus membangun tempat lobi khusus helm. Selain itu, perlu dipasang CCTV di tempat tertentu. Setelah kejadian tersebut diharapkan adanya perubahan dalam keamanan di lingkungan kampus tercinta.

*)Mahasiswa Sistem Informasi Fakultas Teknik UMK
Powered by Blogger.