Olimpiade IPA dan MatematikaTingkat SD Se-Eks karesidenan Pati

Baca Juga

Pena Kampus - Siswa SD dari se-Karesidenan Pati mengikuti Olimpiade IPA dan Matematika di Gedung J lantai 1 Universitas Muria Kudus (26/11). Sekitar 151 siswa kelas IV-V SD mengikuti olimpiade ini. Kegiatan tahunan ini, mempunyai tujuan meningkatkan kualitas SDM sejak dini, khususnya siswa SD.
Foto : peserta Olimpiade MIPA sedang serius mengerjakan soal./Doc.FKIP
Olimpiade ini menggunakan sistem gugur dengan 3 babak. Babak pertama, peserta harus mengerjakan 50 soal pilihan ganda selama 90 menit. Selanjutnya, 10 peserta terbaik akan maju babak selanjutnya yaitu mengerjakan 10 soal esai selama 60 menit. Dan pada babak final 5 peserta terbaik akan mengerjakan soal dan juga memaparkan jawaban dari soal tersebut. “Tujuan kami menggunakan teknik ini, agar siswa terbentuk cakap tidak hanya menulis, tetapi juga cakap dalam mengemukakan pendapat,” papar Yuli Ratnasari selaku Kaprodi PGSD.
Ditahun kedua penyelenggaraan kegiatan Olimpiade ini, peserta terlihat antusias dibanding tahun lalu. Peserta tahun lalu hanya dari Kabupaten Kudus saja. Kini mengalami peningkatan jumlah peserta. Dengan meningkatnya jumlah peserta, panitia mengalami hambatan seperti penempatan ruangan. Hanya tersedia 4 ruangan untuk penyelenggaraan kegiatan, sedangkan total peserta yang banyak tentu ruangan tersebut tidak memadai.
“Karena gedung yang kami gunakan adalah gedung yang digunakan bersama fakultas ekonomi, kami tidak bisa menggunakan seluruh gedung untuk keperluan ini. Apalagi, acara ini diselenggarakan oleh prodi PGSD, jadi kami juga merasa sungkan bila harus menggunakan keseluruhan gedung ini,” lanjutnya.
“Saya senang dengan lomba ini karena bisa buat saya jadi berani bicara, menambah teman dan pengalaman prestasi juga,” ujar Zidan, Juara I Olimpiade IPA.
Peningkatan jumlah peserta menjadi salah satu harapan bagi panitia agar UMK juga bisa lebih dikenal umum. (AN/MG/DI/AF/PEKA ONLINE MG)


Powered by Blogger.