Pemimpin harus Belajar Kepemimpinan

Baca Juga

Pemimpin dan kepemimpinan adalah dua hal berbeda, namun terikat dalam sebuah benang merah yang sama. Jika diibaratkan dalam kalimat, pemimpin adalah subjeknya, kepemimpinan adalah kata kerjanya, sedangkan yang dipimpin adalah objeknya.
Hasil gambar untuk pemimpin vector
Istimewa
Pada dasarnya, kita adalah pemimpin bagi diri kita sendiri. Memimpin diri sendiri merupakan modal utama untuk dapat memimpin orang lain. Tanpa mampu memimpin dan mengontrol diri sendiri, maka tidak akan bisa memimpin orang lain. Belajar kepemimpinan diawali dari diri sendiri, jika sudah mampu menjadi pemimpin bagi diri sendiri, dapat dilanjutkan ke lingkup lebih luas, misalnya belajar kepemimpinan dari suatu kelompok.
Pemimpin tidak hanya sebagai jabatan teratas, namun memiliki tanggung jawab dan fungsi yang besar pula. Benne dan Sheats pada buku E.H Schein(1984) membagi fungsi kepemimpinan sebagai fungsi-fungsi tugas seperti memberikan opini, inisiatif, informasi, uji consensus, dan fungsi-fungsi pembentukan dan pembinaan kelompok. Subproses yang diharuskan mampu dikuasi oleh seorang pemimpin yaitu menetapkan arah, mengarahkan banyak orang, memberikan inspirasi, dan motivasi bagi kelompok yang dipimpinnya.
Pemimpin adalah ujung tombak bagi yang dipimpinnya. Jadi pertanyaannya, bagi tingkat pemula, “Siapkah anda menjadi seorang pemimpin?” atau bagi tingkat lanjut, “Pantaskah anda menjadi seorang pemimpin?” [*]
Powered by Blogger.