Puluhan Helm di UMK Raib dalam 2 Bulan

Baca Juga

Pena Kampus-Selasa malam (22/11) kampus UMK digegerkan dengan penangkapan pencuri helm. Sekitar pukul 17.34 WIB, pelaku yang sempat dicurigai oleh petugas parkir tertangkap di pintu keluar parkir. Petugas mencurigai helm yang dikenakan, karena ciri-cirinya sesuai dengan helm yang hilang milik salah satu mahasiswa ekonomi.
Foto : Suasana penangkapan pencuri helm
“Saya dan salah satu mahasiswa Akuntansi melapor ke satpam atas kasus kehilangan helm sore itu, kemudian disuruh menunggu. Ketika petugas mencurigai helm dengan ciri yang sama, dikenakan oleh seseorang di pintu keluar parkir, kami dipanggil, dan mbak-mbak akuntansi membenarkan helm itu miliknya. Langsung seketika dihajar masa,” terang Aji selaku saksi mata sekaligus korban.
Menurut data yang masuk ke dalam buku laporan kejadian, selama kurun waktu bulan Oktober sampai dengan November 2016, sebanyak 22 laporan helm hilang.10 helm diantaranya hilang di parkiran depan, 3 helm hilang di timur lapangan basket, 5 helm hilang di belakang UPT PSI, dan 4 helm hilang lainnya dalam laporan tidak tertulis lokasi kejadian. Total 22 helm hilang di UMK selam kurun waktu dua bulan.
“Laporan yang masuk ke satpam dengan pengakuan pelaku atas kasus pencurian helm itu berbeda. Pelaku mengaku telah mencuri 15 helm,” kata Solikhin selaku komandan satpam. Kasus yang melibatkan BS salah satu mahasiswa UMK sebagai pelaku ini tengah ditangani polsek Bae. “Sudah ditangani polisi, pihak kampus juga sudah tahu, nantinya akan ada sanksi tersendiri,” imbuhnya.
Baik motif maupun keterangan pasti dari pelaku kini masih dalam tahap penyelidikan kepolisian polsek Bae. Kejadian ini menjadi teguran keras bagi mahasiswa UMK juga pelayanan keamanan dari pihak kampus. Tahun sebelumnya kasus seperti ini pernah terjadi, dengan proses penyelidikan yang sama. Peningkatan keamanan perlu ditingkatkan, baik berupa penambahan fasilitas maupun kualitas sumber daya manusianya. Sejauh ini area parkir yang terekam cctv hanya di empat titik lokasi, yaitu pintu masuk parkir, keluar parkir, barat Auditorium, dan belakang Joglo. “Saya harap keamanan ditingkatkan, seperti penambahan cctv di seluruh area parkir. Korban juga mendapatkan ganti rugi,” harap Aji mahasiswa Ekonomi semester 1. (IN/Peka Online)
Powered by Blogger.