UKM KSR Akan Rutin Gelar Donor Darah Tiap Bulan

Baca Juga

Pena Kampus-Bekerjasama dengan UDD (Unit Donor Darah) Kabupaten Kudus, KSR UMK adakan donor darah kemarin pagi (9/10) bertempat di Auditorium UMK. Kegiatan donor darah kali masih dalam agenda rutin yang diadakan tiap 3 bulan sekal, hal ini guna memenuhi stok darah di UDD Kudus.
Foto : Suasana donor darah di auditorium UMK/IN
Peserta donor darah tidak hanya berasal dari mahasiswa atau karyawan UMK, namun terbuka untuk umum. Menurut keterangan Ernis selaku ketua KSR, pendonor pertama yang datang justru berasal dari STIKES Muhammadiyah Kudus. Akan tetapi tidak semua peserta yang hadir dapat mendonorkan darahnya. Hanya peserta yang memenuhi persyaratan dan lolos uji kesehatan yang dapat mendonorkan darahnya.
Persyaratan pendonor yakni sehat jasmani dan rohani, minimal berbobot 45 kg, bagi perempuan tidak boleh dalam keadaan menstruasi, tidak boleh minum obat dalam jangka waktu 3 hari sebelum donor, dan belum pernah donor dalam kurun waktu tiga bulan. Darah yang terkumpul nantinya akan dikelola UDD untuk disaring kelayakannya unutuk memenuhi stok darah, baik dikarenakan stok darah habis atau sudah expired.
Acara berjalan cukup lancar, hanya saja beberapa kendala seperti keterlambatan pihak UDD dan berjubelnya peserta donor darah yang sedikit memperlambat kegiatan. “Kedepannya KSR berencana untuk mengadakan acara donor darah tiap bulannya. Dimana nantinya akan dibagi 2 fakultas per bulan supaya memenuhi siklus 3 bulan sekali donor juga”, terang Ernis. (Waa/IN/Peka Online)
Powered by Blogger.