Mahasiswa UMK Menjalankan Fungsinya sebagai Agent Sosial

Baca Juga

Pena Kampus - Seusai Pidie Aceh diguncang gempa dengan kekuatan 6.5 SR pada Rabu(7/12), meninggalkan kerugian berupa material dan korban jiwa. Musibah tersebut juga mengguncang hati nurani masyarakat luas, tak terkecuali mahasiswa UMK. Sebagai mahasiswa dituntut untuk peka dan peduli terhadap lingkungannya, hal tersebut ditunjukkan oleh mahasiswa UMK dengan  melakukan aksi social yaitu penggalangan dana untuk Pidie Aceh pada 14-16 Desember 2016. “Ide aksi ini pure dari inisiatif sendiri tapi,  juga didukung oleh pihak UMK, buktinya diizinkan melakukan aksi yang artinya didukung.” Ungkap Maria selaku koordinator aksi.
Foto : seorang warga sedang memberikan sumbangan  kepada relawan./saya
Aksi social yang dikoordinatori oleh Maria P.Utami(mahasiswa fakultas hukum), mengajak dan mempersatukan semua Ormawa dan UKM di UMK untuk mendukung jalannya aksi yang berjalan selama 3 hari ini. “Acara dadakan yang hanya dilakukan tiga hari ini berjalan sukses karena juga adanya dukungan dari pihak UMK dan rekan-rekan mahasiswa lainnya.” Jelas Maria.
Di hari pertama aksi, ormawa UMK yang dibantu oleh segenap jajarannya melakukan aksi di dalam lingkungan kampus sendiri. Masing-masing BEM Fakultas melakukan penggalangan dana untuk seluruh mahasiswa di fakultasnya.
Di hari kedua, penggalangan dana dilakukan di luar kampus oleh anggota-anggota yang tergabung dalam UKM. “Pada aksi kali ini, setiap UKM diarahkan ke titik-titik strategis yang berbeda di sepanjang jalan perempatan jember hingga perempatan kerrawang.” tambahnya.
Di hari terakhir, aksi dilakukan di dalam lingkungan kampus lagi. Dengan pembukaan stan di depan gedung V yang dianggap cukup strategis, menampilkan beberapa pertunjukkan music dan musikalisasi puisi oleh mahasiswa sendiri. Hal ini diharapkan mampu mengundang simpati dosen dan mahasiswa lain untuk berpartisipasi dalam aksi tersebut.
Hasil dari aksi tersebut memperoleh total dana senilai Rp.26.575.000. Dana tersebut disalurkan untuk masyarakat Pidie Aceh melalui PMI cabang Kudus.
“Dengan adanya aksi ini, kami berharap penggalangan dana bermanfaat bagi saudara kami di Aceh dan juga mengaktifkan kembali rekan-rekan UMK untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar.” Harapnya.(Reza/Del/Fakta)
Powered by Blogger.