Header Ads

Gambar1

Menjawab Kebingungan Mahasiswa Ekonomi

Baca Juga

Pena Kampus - Di tengah penghujung semester lima, mahasiswa Manajemen dibingungkan oleh beberapa pilihan mata kuliah konsentrasi yang akan dipilihnya di semester enam. Mata kuliah konsentrasi ini, nantinya akan menjadi penentu cakupan penulisan skripsi sebagai prasyarat kelulusan mahasiswa.
Foto : salah satu pemateri Audensi Konsentrasi sedang menyampaikan materi./Doc.HMJ Managemen UMK

Masing-masing universitas dan institusi peruguruan tinggi, menyediakan beberapa alternatif pilihan yang mungkin sedikit berbeda antara instansi satu dengan yang lain. Di UMK sendiri menyediakan 3 mata kuliah konsentrasi, antara lain: Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Sumber Daya Manusia.
“Sebagai mahasiswa ekonomi dituntut untuk menguasai semua ilmu yang didapatkan di bangku perkuliahan, konsentrasi ini hanya untuk memfokuskan diri dalam penulisan skripsi.” Tegas Dr.H. Moh. Edris, SE., MM selaku Dekan FE dalam sambutannya.
Untuk menanggapi kebingungan tersebut, Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) UMK, mengadakan acara Audensi Konsentrasi pada Kamis, 29 Desember 2016. Acara yang dilaksanakan di aula Masjid Darul Ilmi ini, mendapat respon baik bagi mahasiswa. Terbukti dari pemenuhan kuota yang tersedia. “Kami hanya menyediakan kuota sebanyak 250 peserta yang mendapat fasilitas snack, namun jika ada peserta lagi, kami masih menampung meskipun tanpa snack,” ungkap Riyan selaku ketua panitia acara.
Acara yang bertema “Pilihanmu Menentukan Masa Depanmu” menjelaskan tentang pengetahuan dasar terkait mata kuliah konsentrasi yang disediakan pihak kampus. Pada kesempatan kali ini, HMJM mengundang narasumber-narasumber yang sudah ahli di bidangnya, seperti:
1.         Drs.H. Moh. Masruri,. MM yang merupakan dosen pengampu mata kuliah Manajemen Keuangan.
2.         Ratih Hesti Utami,. SE,. MM yang merupakan dosen pengampu mata kuliah Manajemen Pemasaran.
3.         Noor Azis,. SE,. MM yang merupakan dosen pengampu mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia.
“Manajemen keuangan itu penting, karena setiap perusahaan pasti membutuhkan orang-orang untuk mengatur sirkulasi keuangan perusahannya.” Jelas Drs.H. Moh. Masruri,. MM saat penyampaian materinya.
Tak mau kalah, Ratih Hesti Utami, SE, MM juga menuturkan bahwa keberhasilan sebuah perusahaan adalah ketika mereka mampu memasarkan produk/jasanya sesuai target, bahkan melebihinya.
Untuk materi terakhir disampaikan oleh Noor Azis, SE, MM. “Dalam sebuah perusahaan, manusia adalah penggerak perusahaan. Maka dari itu, pengelolaan sumber daya manusia itu dibutuhkan,” ungkap beliau.

Pada intinya, ketiga konsentrasi tersebut adalah satu-kesatuan. Sebuah perusahaan akan berjalan dengan baik jika produk yang tawarkan laku di pasaran, dan sirkulasi keuangan perusahaan berjalan sehat(memperoleh laba). Semua itu tidak dapat terjadi tanpa ditunjang oleh sumber daya manusia yang mumpuni. (DEL/Masta/FAKTA)
Powered by Blogger.