Header Ads

Gambar1

Menengok, Pefilman Indonesia

Baca Juga

Pena Kampus-Hari Film Nasional (HFN)  yang jatuh pada tanggal 30 Maret, menjadi hari besar bagi pekerja didunia perfilman dan penikmat film di Indonesia. Jajaran kementrian dan lembaga yang bersentuhan dengan perfilman  ikut serta merayakan Hari Film Nasional.
@saya.teguh

Menengok sejarah Industri film Indonesia, ternyata sudah dilakukan sejak zaman penjajahan Belanda. Namun perusahaan film yang ada hanya dikuasai oleh orang Cina dan Belanda. Sebenarnya film pertama yang diproduksi adalah film bisu ‘Loetoeng Kasaroeng’ pada tahun 1926. Film karya sutradara asal Belanda yaitu G. Kruger dan Heuveldorp dan dibintangi aktor pribumi dan diproduksi oleh Perusahaan Film Jawa NV di Bandung. Film ini pertama kali diputar di Teater Elite dan Majestic Bandung pada tanggal 31 Desember 1926.
Penetapan Hari Film Nasional ini merupakan hasil konferensi Dewan Film Nasional dengan organisasi perfilman pada 11 Oktober 1962. Namun, penetapan resmi Hari Film Nasional dilakukan pada masa pemerintahan BJ Habibie melalui Keputusan Presiden RI No. 25 Tahun 1999 tentang Hari Film Nasional.  Sedangkan pemilihan tanggal 30 Maret berawal dari film yang disutradarai oleh Usmar Ismail yaitu ‘Darah & Doa’ atau ‘Long March of Siliwangi’.
Pada tahun 2017 ini,  untuk menyambut perayaan Hari Film Nasional, berbagai lembaga/kementrian siap menyelenggarakan program. Antara lain; Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), dan Perusahaan Film Negara (PFN), dan bersama beberapa mitra pendukung. Topik utama yang diusung adalah “Merayakan Keberagaman Indonesia”. Tema ini mengingatkan kembali posisi strategis film sebagai seni budaya populer yang memberikan pengaruh besar dalam kehidupan masyarakat modern.
Puncak perayaan HFN 2017 ini, akan diadakan di FILARTC Komplek Perum PFN pada 30 Maret hingga 1 April nanti dengan rangkaian acara pertemuan antara pekerja film dan publik serta program-program lain seperti diskusi, pameran, pemutaran animasi hingga pemutaran film di komunitas dan bioskop keliling.

Penulis               :  Diah Dwi
Editor                 :  Ulin
Powered by Blogger.