Benarkah Hari Sarjana Nasional Penting???

Baca Juga

Pena Kampus- Dari sekian banyak hari penting, hari apa saja yang terdengar pada telinga anda? Mungkin hari ibu? Hari kartini? Atau hari valentine? Ada hari dimana kita merasa asing dalam indra pendengar kita. Salah satunya, bagi kalangan akademis yaitu Hari Sarjana Nasional yang jatuh setiap 29 September.


Hari Sarjana Nasional bertujuan untuk mengapresiasi para sarjana yang telah berhasil dalam mencapai tingkat intelektualitasnya. Selain itu hari ini juga dapat dijadikan sebuah momentum untuk bercermin dan merenungkan diri kita. Sebagaimana seorang sarjana yang mampu bekerja dan belajar dengan hati nurani serta menggunakan pola berfikir yang cerdas.
Sostrokartono adalah orang Indonesia pertama yang meraih gelar sarjana. Pria ini tidak lain adalah kakak dari Raden Ajeng Kartini. Pada tahun 1897, Kartono mendapat kesempatan emas belajar ke negeri belanda dalam rangka politik balas budi pemerintah belanda. Kartono lulus dalam kurun waktu 2 tahun saja. Cerdas bukan? kartono merupakan pahlawan yang haus akan pengetahun dalam bidang berbahasa asing, sehingga beliau mampu menguasai 17 bahasa asing. Keren yaa…
Meski demikian, keberadaan Hari Sarjana Nasional hanya sayup-sayup terdengar. Bahkan seorang mahasiswapun masih banyak yang belum mengetahuinya. Begitu pentingnya Hari Sarjana Nasional sehingga perlu adanya sosialisasi mengenai hal tersebut.
Untuk itu, mari kita kenali hari ini sebagai hari yang penuh semangat berkobar. Belajarlah setinggi mungkin, capailah impianmu. “Karena orang yang perpendidikan adalah orang yang mau dan mampu memanfaatkan ilmunya untuk mengubah dunia”, ucap mendiang Nelson Mandela.
Selamat hari sarjana nasional!


Penulis : Firdaus

Powered by Blogger.