KEUNIKAN SAPAMABA OLEH FAKULTAS

Baca Juga

Pena Kampus-SAPAMABA (Masa Penganalan Akademik Mahasiswa Baru) merupakan ajang bagi para mahasiswa baru untuk lebih mengenal lingkungan Universitas Muria Kudus. Dimulai tanggal 12-14 September 2017, SAPAMABA dibuka dengan sidang senat terbuka dan ditutup dengan inagurasi. Pada kegiatan ini, mahasiswa baru tidak hanya dikenalkan berbagai macam yang berhubungan secara umum dengan lingkungan UMK, namun secara sepesifik juga dikenalkan di lingkungan fakultasnya. Fakultas memiliki otoritas tersendiri dalam mengatur acara penyambutan mahasiswa baru. Serangkaian acara dari fakultas ini diharapkan mampu mengenalkan lingkungan baru kampus bagi mahasiswa baru. UMK dengan 6 fakultas berbeda, memiliki ciri khas tersendiri terkait cara fakultas untuk mengenalkan lingkungan kampus ke mahasiswa barunya.


Sebagai fakultas tertua di UMK, fakultas ekonomi masih menjadi terfavorit pilihan maba. Pada tahun ini, fakultas ini tercatat dengan mahasiswa terbanyak. Tentu hal ini menyebabkan beberapa kendala dalam acara penyambutan mahasiswa baru. Penyebab utama adalah banyaknya mahasiswa yang <800 antara="" baru="" berdesak-desakan="" harus="" itu="" kendala="" lain="" mahasiswa="" menuju="" orang.="" ruangan="" saat="" selain="" span="" tersebut="" utama.="">pembuatan formasi “FE UMK 2017” sebagai ciri khas fakultas harus ditunda karena kesalahan teknis.
Tidak ingin kalah dengan fakultas yang lain, fakultas pertanian lebih berfokus pada kualitas yang harus dimiliki mahasiswa baru. Pencarian bakat dan skill unik dilakukan untuk menjadikan fakultas pertanian lebih baik dari sebelumnya, dengan membuat banyak event menarik di masa mendatang.  Keunikan dalam penyambutan mahasiswa baru kali ini adalah barbeque oleh BEM fakultas pertanian dengan mahasiswa baru untuk mempererat hubungan. Tidak hanya itu, rencananya mahasiswa baru diajak untuk mengikuti penyuluhan tanaman hidroponik dan jamur setelah rentetan acara sapamaba selesai. Euforia sapamaba sangat terlihat pada fakultas psikologi, menyabet juara 3 saat sapamaba yang diumumkan (14/9) kemarin. Hal ini merupakan sebuah peningkatan prestasi dibanding tahun sebelumnya.
Kehebohan juga terjadi di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Acara penyambutan berlangsung selama 3 hari yaitu tanggal 15-17 September 2017. Selain pengenalan tentang fakultas, mahasiswa baru juga diajak berkeliling mengunjungi seluruh Himpunan Mahasiswa (HIMA) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Hal unik dari fakultas yang lain adalah penambahan inagurasi pada hari terakhir. Dua acara unik tersebut diharapkan dapat lebih mengenalkan fakultas kepada mahasiswa baru.
Banyak hal yang dilakukan fakultas untuk mengenalkan mahasiswa baru terhadap lingkungannya. Berbagai acara unik diadakan sebagai penyambutan mahasiswa baru. Namun semua itu memiliki tujuan yang sama, yaitu agar mahasiswa baru lebih mengetahui lingkungan yang akan menjadi tempatnya menimba ilmu.(mamal,lukman,mujib,uzli,ayu,vivi/dewi/FAKTA)


Powered by Blogger.