Ospek bagi Mahasiswa Baru, Perlu(kah) ?

Baca Juga

Pena Kampus-OSPEK (Orientasi Studi Pengenalan Kampus). Satu kata yang mungkin akan mengantarkan pikiran kita pada sebuah bayangan mengenai kegiatan dimana mahasiswa – mahasiwa baru “disambut” dengan berbagai cara “unik” oleh seniornya. Menjadi sebuah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun hampir di setiap kampus yang ada di dunia, membuat orientasi mahasiswa seakan ada sebagai sebuah gerbang awal untuk menyambut bibit – bibit baru yang akan berjuang di kampus tersebut.

Foto : Jidunkxz / PEKA

Tak dapat dipungkiri bahwa terkadang OSPEK merupakan sarana balas dendam bagi senior atas perlakuan kakak kelas yang mereka alami pada waktu dulu. Rasa dendam akan selalu muncul dalam segala perlakuan yang menyakitkan, namun berhubung OSPEK adalah sesuatu yang dilegalkan sehingga kesempatan membalas hanya mungkin dilakukan pada OSPEK tahun berikutnya. Dan bahkan sampai  terjadi kekerasan fisik maupun psikis diantaranya.

Namun dibalik itu semua, OSPEK memiliki tujuan penting yaitu sebagai ajang untuk memperkenalkan kampus kepada mahasiswa baru.  Ospek juga merupakan sarana untuk mencari bakat-bakat yang masih tersembunyi dari para calon mahasiswa dan sarana untuk saling beradaptasi. Jadi Perlu(kah) OSPEK sebagai tradisi pengenalan untuk Mahasiswa baru?
Powered by Blogger.